Pemkab Beltim Sudah Salurkan Berbagai Program Buat Nelayan

Pemerintah selama ini sudah menyalurkan berbagai program kepada nelayan secara langsung.

Pemkab Beltim Sudah Salurkan Berbagai Program Buat Nelayan - kapal-nelayan_20180311_150738.jpg
Pos Belitung/Disa Aryandi
Sejumlah kapal nelayan, Jumat (9/3) sedang bersandar di pelabuhan Muara Sungai Manggar, Belitung Timur. Pos Belitung/Disa Aryandi
Pemkab Beltim Sudah Salurkan Berbagai Program Buat Nelayan - kapal-nelayan_20180311_150801.jpg
Pos Belitung/Disa Aryandi
Sejumlah kapal nelayan, Jumat (9/3) sedang bersandar di pelabuhan Muara Sungai Manggar, Belitung Timur. Pos Belitung/Disa Aryandi

Laporan Wartawan Pos Belitung Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kepala Dinas Perikanan (DP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Sarjono mengaku kurang sepaham dengan apa yang dituturkan oleh Amiruddin, seorang nelayan di Serdang, Kecamatan Manggar, lantaran menggangap pemerintah kurang perhatian terhadap nasib nelayan.

Kata Sarjono, pemerintah selama ini sudah menyalurkan berbagai program kepada nelayan secara langsung.

Satu program tersebut berupa asuransi Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) dan Asuransi mandiri buat nelayan yang dikelola PT Jasindo.

Program tersebut sudah lama berjalan, dan untuk KKP hanya diberlakukan satu kali kepada satu orang.

"Kami sudah peduli sekali, dan semua nelayan harus terdaftar dikami, kalau dia tidak terdaftar, lain cerita," kata Sarjono kepada posbelitung.co, Minggu (11/3/2018).

Terkait keinginan memiliki coldstorage (sebuah ruangan yang akan dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu dan akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk dengan tujuan untuk mempertahankan kesegarannya) kata Sarjono, pemerintah kini sudah memiliki coldstorage itu. Hanya saja coldstorage tersebut, statusnya disewakan kepada pihak ketiga.

"Itu disewakan kepada kepada pihak ke tiga. Kalau mau di kelola koperasi (coldstorage) tersebut, sekarang nelayan ini tidak ada koperasi. Makanya kesulitan untuk menyalurkan bantuan, karena rata - rata harus punya koperasi," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help