Home »

Lokal

Kapal Barang Tujuan Pelabuhan Sungai Selan Tenggelam di Perairan Permis, Begini Kronologisnya

KM. Berkat Rahmat Selamat dengan muatan barang tenggelam di perairan Permis, Kabupaten Bangka Selatan, pada Selasa (13/3/2018).

Kapal Barang Tujuan Pelabuhan Sungai Selan Tenggelam di Perairan Permis, Begini Kronologisnya
ist
KM. Berkat Rahmat Selamat dengan muatan barang tenggelam di perairan Permis, Kabupaten Bangka Selatan, pada Selasa (13/3/2018) 

POSBELITUNG.CO--KM. Berkat Rahmat Selamat dengan muatan barang tenggelam di perairan Permis, Kabupaten Bangka Selatan, pada Selasa (13/3/2018). 

Koordinat kapal tenggelam berada pada 105° 52' 444" BT - 02° 31' 756'' LS.

Kronologi kejadian tenggelamnya kapal terjadi pada Sabtu (10/3/2018) pukul 18.00 WIB.

KM. Berkat Rahmat Selamat berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju Pelabuhan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah dengan membawa muatan kelontong campuran sekitar 285 Ton.

Danposmat Sungai Selan Peltu M. Ismail mengatakan berawal pada Minggu (11/3/ 2018) kapal dengan muatan barang kelontong berlayar, lalu ketika berada di perairan permis tiba tiba mengalami cuaca yang cukup buruk disertai gelombang membuat lunas bocor terhempas oleh gelombang air laut.

"Salah satu ABK KM. Berkat Rahmat melihat kalau bagian lunas mengalami kebocoran kemudian melaksanakan tindakan pencegahan pemasangan pompa gate untuk menguras air yang sudah masuk ke dalam kapal,"ujar Danposmat kepada wartawan, Selasa (13/3/2018).

Lalu pada, Senin (12/3/2018) , sambungnya KM. Berkat Rahmat Selamat mendekati perairan Permis Kabupaten Basel, namun pompa gate mengalami kerusakan sehingga membuat air yang di dalam kapal tidak bisa terkuras, ditambah tekanan dari muatan kapal sehingga membuat air laut masuk ke kapal lebih cepat.

"Sekitar pukul 16.00 WIB karena kapal KM. Berkat Rahmat Selamat sudah tidak bisa ditolong, nahkoda kapal memerintahkan ABK untuk lego jangkar supaya kapal tidak terombang ambing arus laut dan sambil menunggu bantuan kapal lain dari Pelabuhan Sungai Selan," ungkapnya.

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help