Ingin Punya Usaha Kuliner Tapi Bingung? Simak Cara Restoran Ini Tarik Pelanggan

Beragam cara bakal dilakukan para pemilik tempat usaha, untuk bisa menarik perhatian dari konsumen.

Ingin Punya Usaha Kuliner Tapi Bingung? Simak Cara Restoran Ini Tarik Pelanggan
KOMPAS.com / Hamzah
Suasana out door yang ditawarkan Restoran Mie Setan Gresik. 

POSBELITUNG – Beragam cara bakal dilakukan para pemilik tempat usaha, untuk bisa menarik perhatian dari konsumen. Lantaran faktor itu pula, Restoran Mie Setan Gresik yang beralamat di Jalan Sulawesi No.1, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB), Gresik, memilih konsep hidroponik dalam menarik simpati pengunjung.

Hidroponik memang menjadi cara menanam yang sedang naik daun pada saat ini. Cukup digemari, lantaran untuk menanam tumbuhan tidak lagi diperlukan tanah dan lahan yang luas, tetapi dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

“Jadi sambil menunggu pesanan dibuatkan dan diantar ke meja, pengunjung dapat memanfaatkan sistem hidroponik ini. Hitung-hitung biar nggak jenuh menunggu, bisa belajar menanam secara gratis,” tutur Arka Atyanto (21), pemilik tempat usaha tersebut, Kamis (15/3/2018).

Metode tersebut dirasa cocok dengan kebutuhan, lantaran para pengunjung yang biasa nongkrong di restoran tersebut, kebanyakan merupakan kaum muda yang suka dengan konsep outdoor ketimbang duduk di dalam ruangan.

Mie setan yang menjadi menu favorit pengunjung di Restoran Mie Setan Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Mie setan yang menjadi menu favorit pengunjung di Restoran Mie Setan Gresik.

Konsep outdoor dipilih Restoran Mie Setan Gresik diharapkan bisa memanjakan pengunjung. Meski sisi indoor juga tetap tidak dilupakan, dengan memajang beberapa ornamen warna-warni pada dinding bangunan.

“Tapi sebenarnya, konsep hidroponik itu kami temukan belakangan ini, karena kami juga ingin sedikit menekan biaya akan pemenuhan bahan. Dengan hidroponik, setidaknya kami akan mampu memangkas biaya yang dikeluarkan untuk beli selada. Selain itu, spot di sini kan bisa untuk swafoto yang kebanyakan dicari muda-mudi,” terangnya.

Konsep hidroponik dan outdoor yang ditawarkan Restoran Mie Setan Gresik, rupanya membuat para pengunjung, khususnya kaum muda tertarik. Salah satunya adalah Alfiah Zubaidah (17), yang mengaku tertarik dengan konsep yang ditawarkan.

“Dengan begini, saya dan teman-teman jadi tahu proses pembuatan mi di sini yang terlihat steril serta higienis. Jadi di sini tak sekedar nongkrong, bisa belajar menanam, foto-foto juga, sambil menunggu makanan pesanan dikirim,” kata Alfiah.

//

Senada dengan Alfiah, pengunjung lain bernama Salman Al Faris (18) mengaku, selain terkesan dengan tempat, harga makanan yang ditawarkan di Restoran Mie Setan Gresik juga cukup terjangkau bagi kalangan pelajar seperti dirinya.

Arka Atyanto (depan), saat memberikan contoh belajar menanam hidroponik di Restoran Mie Setan Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Arka Atyanto (depan), saat memberikan contoh belajar menanam hidroponik di Restoran Mie Setan Gresik.

“Di sini bagus untuk foto bareng teman-teman. Lagian, harga makanan dan minuman yang ditawarkan di sini juga pas di kantong, nggak mahal juga meski tempatnya bagus,” ucap Salman.

Untuk pengunjung yang ingin mencoba sistem hidroponik, pihak Restoran Mie Setan Gresik telah menyiapkan 200 titik media tanam. Dengan hasil panen selada, diklaim bisa membantu untuk penyediaan bahan baku.

“Selain bahan mi tentunya, selada memang menjadi kebutuhan kami dalam olahan masakan ini. Dan itu terbantu dari hasil hidroponik yang kami kembangkan,” ujar General Manager Restoran Mie Setan Gresik, Antoni Gunawan.

Tidak hanya olahan masakan berupa mi, tetapi di Restoran Mie Setan Gresik juga sebenarnya menyediakan beberapa makanan lain seperti Hakau, Keyca, Sushi, Siomay, hingga udang keju. Dengan macam minuman yang ditawarkan, mulai dari es genderuwo, es kuntilanak, es pocong, hingga frape.

Pilihan camilan yang bisa didapatkan saat berkunjung ke Restoran Mie Setan Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Pilihan camilan yang bisa didapatkan saat berkunjung ke Restoran Mie Setan Gresik.

“Untuk makanan yang paling murah, ada pangsit goreng seharga Rp5 ribu satu porsi. Dengan paling mahal adalah minuman, frape. Ada banyak pilihan frape yang bisa dipilih, ada frape coklat, taro, green tea, dan macam-macam, yang semuanya itu seharga Rp13 ribu setiap porsinya,” ucap dia.

Dengan makanan favorit yang menjadi buruan para pengunjung di restoran tersebut, diakui Antoni tentunya jenis olahan mi. Yakni, mi setan dan mi iblis, yang sama-sama dihargai Rp 10.000 untuk setiap porsinya.

//
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help