Sopir Travel Raup Penghasilan Tambahan dari Ceng Beng

Ritual Ceng Beng yang dilaksanakan tiap tahun membawa rezeki. Permintaan keluarga untuk bersih-bersih makan jadi peluang rezeki untuk sopir travel.

Sopir Travel Raup Penghasilan Tambahan dari Ceng Beng
Pos Belitung/Suharli
Franky sedang mengecat Makam, di pemakaman umum Warga Tionghoa di Pilang Desa Dukong 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

POSBELITUNG.CO,BELITUNG - Ceng Beng ritual tahunan yang dilaksanakan warg Khonghucu menjadi berkah sendiri bagi penduduk sekitar Pemakaman Umum Warga Tionghoa di Pilang Desa Dukong, Kecamatan Tanjungpandan jalan pilang, Senin (19/3/2018).

Franky (29) warga Pilang misalnya sudah lama memberikan jasa membersihkan pemakaman, terutama menjelang perayaan Ceng Beng. Untuk jasa membersihkan makam frangky mematok mulai harga Rp 150.000 - Rp 400.000 tergantung besarnya makam.

Saat ditemui frangky menyampaikan "Ceng Beng ini memang sudah ditunggu tiap tahun, rejeki bisa nambah kemasukan," ucapnya (19/3/2018).

Menurut Franky orang-orang yang memakai jasanya umumnya dari luar pulau yang tidak sempat membersihkan makam, namun tetap datang pada hari ceng bengnya.

"Kita sudah punya langganan, biasanya seminggu sebelum ziarah mereka telpon agar makam keluarganya di bersihkan" terangnya.

Kesehariannya Franky bekerja sebagai sopir travel, namun menjelang Ceng Beng, Frangky sengaja meluangkan waktu untuk mendapat rejeki lebih dengan memberikan jasa mebersihkan makam, dalam satu hari Frangky bersama satu temannya mampu membersihkan dan mengecat tiga makam ukuran 5X8 meter.

Frangky bersama temannya nampak ulet membersihkan makam bersama dengan temannya, tak peduli baju yang basah akibat panas siang siang hari, dengan bermodalkan topi dan cat mereka menguas tiap lekuk kuburan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.(q5)

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help