Restoran Nirwana Hotel Tanjung Pesona

Nikmati Lezatnya Kepiting Rajungan yang Diambil Langsung dari Perahu Nelayan

Restoran Tanjung Pesona Sungailiat ingin menampilkan menu khusus menggugah selera, yaitu menu kepiting rajungan.

Nikmati Lezatnya Kepiting Rajungan yang Diambil Langsung dari Perahu Nelayan
Bangkapos/fery Laskari
Kepiting rajung masak saos tiram 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

POSBELITUNG.CO-- Berbagai jenis masakan dapat ditemui di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat. Destinasi wisata pinggir pantai ini memiliki dua restoran, yaitu Nirwana dan Aurora.

Mulai menu ikan tenggiri bakar, lempah kuning, gado-gado, nasi goreng, cah kangkung, kerapu asam manis, kakap bakar dan masih banyak menu lainnya.

Namun kali ini, Restoran Tanjung Pesona Sungailiat ingin menampilkan menu khusus menggugah selera, yaitu menu kepiting rajungan. Menu kepiting rajungan, disajikan dalam masakan saus tiram, bakal bikin pengunjung ketagihan.

"Kepiting rajungan bisa dimasak saus tiram atau saus padang. Namun yang banyak digemari cita rasa saus tiram. Kepiting saus tiram dimasak menggunakan berbagai bumbu seperti bawang putih, jahe, saus tiramnya sendiri, lada, gula, kecap dan penyedab rasa serta bumbu penyedap lainnya," kata Kepala Juru Masak (Chief Cook) Tanjung Pesona Beach Resort Sungailiat Bangka, Mariani kepada grup posbelitung.co, Jumat (4/4/2018).

Selama ini menu kepiting lebih dominan jenis kepiting rawa atau kepiting bakau yang biasa disebut ketem remangok. Sedangkan kepiting rajungan hasil tangkapan nelayan di lautan, belum menjadi menu tetap di restoran hotel ini.

"Makanya kita ingin ada yang lebih spesial di Restoran Tanjung Pesona, yaitu menu baru yang ditunggu-tunggu oleh orang luar agar punya kenangan dengan Pulau Bangka, yaitu kepiting rajungan," tambah General Manager (GM) Tanjung Pesona Beach Resort Sungailiat Bangka, Jumat (4/4/2018).

Kebetulan di Pesisir Pantai Hotel Tanjung Pesona sering dijadikan oleh beberapa orang nelayan lokal penangkap kepiting rajungan, sebagai tempat sandar perahu.

"Sering ada nelayan menyandarkan perahu di tempat kita, dan membawa hasil laut berupa kepiting rajungan. Makanya kita mau kerjasama dengan nelayan dan penampung kepiting rajungan itu," katanya.

Pihak Tanjung Pesona akan menampung hasil tangkapan nelayan yang biasa merapat di kawasan pantai dekat hotel ini, demi mendapatkan kepiting rajungan yang masih segar.

"Kita beri harga spesial buat mereka (nelayan), kita beli kepiting rajungan yang masih fress, masih segar dengan ukuran khusus. Sedangkan ukuran dibawa standar, silahkan jual ke pasar," kata Yohanes.

Kepiting rajungan segar ukuran khusus tadi akan dimasak oleh chief cook dan dijadikan menu khusus atau menu andalan demi memanjakan tamu restoran hotel atau pengunjung yang ingin bersantap di kawasan ini.

"Selama ini yang biasanya ada itu kan hanya menu kepiting bakau atau ketem remangok. Dalam waktu dekat akan ada menu baru di restoran kita, menu khusus, menu spesial yaitu kepiting rajungan," katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help