PosBelitung/

Mulai 11 April, Pasar Tertua Beringharjo Buka hingga Malam Hari, Alasannya untuk Pariwisata

Pasar Beringharjo, pasar tertua yang berada di pusat kota Yogyakarta, akan buka hingga malam hari, tepatnya pukul 22.00 WIB.

Mulai 11 April, Pasar Tertua Beringharjo Buka hingga Malam Hari, Alasannya untuk Pariwisata
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI
Pengunjung memilih baju yang dijual di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Kamis (25/8/2011). Mendekati Lebaran, sejumlah pusat perbelanjaan seperti Pasar Beringharjo mulai dipadati oleh warga masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan hari raya Idul Fitri. 

POSBELITUNG.CO - Pasar Beringharjo, pasar tertua yang berada di pusat kota Yogyakarta, akan buka hingga malam hari, tepatnya pukul 22.00 WIB.

"Pasar Beringharjo biasanya buka sampai sore. Nah, mulai 11 April besok akan buka sampai malam," ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat dihubungi, Selasa (10/4/2018).

Pasar yang berada di sebelah selatan Malioboro ini kerap menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Di pasar ini, para wisatawan biasanya datang untuk berbelanja berbagai barang kerajinan, baju batik, hingga makanan khas Yogyakarta.

Selain belanja, para pengunjung juga bisa menikmati suasana pasar yang telah melewati tiga masa, mula dari masa kerajaan, penjajahan hingga kemerdekaan. 

Ide awal Pasar Beringharjo buka sampai malam ini berawal dari masukan para wisatawan dan penggiat wisata. Menurut Heroe, sejumlah wisatawan mengeluh karena Pasar Beringharjo sudah tutup saat merea baru saja datang.

Sementara itu, para wisatawan biasanya baru datang ke kawasan Malioboro menjelang sore hari. "Ide ini berangkat dari teman-teman wisatawan dan penggiat wisata. Yang dikeluhkan kepada kami itu, sudah dari pagi sampai siang jalan-jalan ke Prambanan, pantai tetapi malam mau belanja ke Malioboro atau pasar Beringharjo tutup," ungkapnya.

Heroe mengatakan, pemerintah kota sudah berkoordinasi dengan para pedagang pasar Beringharjo terkait rencana ini.

"Para pedagang pasar menyambut baik dan sangat antusias. Jadi yang buka sampai malam itu seperti fashion dan kerajinan. Kalau seperti sayur dan kebutuhan sehari-hari tidak buka," tuturnya

Pemkot akan memasang papan informasi bahwa Pasar Beringharjo akan buka sampai malam serta memperbaiki dan menambah jumlah lampu di kawasan itu.

"Tentu kami akan perbaiki untuk penerangannya, memasang papan informasi isinya 'Pasar Beringharjo buka sampai malam'. Lalu kami tata lingkungannya agar jangan sampai muncul titik kemacetan baru," ungkapnya.

Heroe menjelaskan, kebijakan ini masih bersifat uji coba dan akan dievaluasi.

"Kami evaluasi, kalau bagus ya jalan terus. Rencana ke depan tidak hanya Pasar Beringharjo saja, beberapa pasar lain terutama yang menjajakan kerajinan, fashion dan kuliner," pungkasnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help