Pengusulan 4 Dapil di Belitung Timur Dibatalkan KPU RI

Tiga dapil tersebut, dapil satu Kecamatan Manggar dan Simpang Renggiang dengan sembilan kursi, dapil dua Kecamatan Kelapa Kampit

Pengusulan 4 Dapil di Belitung Timur Dibatalkan KPU RI
Pos Belitung/Disa Aryandi
Ketua KPU Beltim Pirmawan.

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Pengusulan empat daerah pemilihan (dapil) untuk pemilihan legislatif (pileg) tahun 2019 mendatang di Belitung Timur (Beltim), Rabu (11/4/2018) telah mendapat jawaban dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Keputusan untuk dapil di Beltim tetap menggunakan tiga dapil.

Tiga dapil tersebut, dapil satu Kecamatan Manggar dan Simpang Renggiang dengan sembilan kursi, dapil dua Kecamatan Kelapa Kampit dan Damar dengan tujuh kursi, dan dapil tiga Kecamatan Gantung, Simpang Pesak dan Dedang dengan sembilan kursi.

"Nah hasilnya sudah keluar, dan tetap keputusan KPU RI tiga dapil. Kami kemarin mengusulkan dua usulan, satu buat usulan tiga dapil, dan satu lagi empat dapil," kata Ketua KPU Kabupaten Beltim Pirmawan kepada posbelitung.co, Rabu (11/4/2018).

Penetapan tiga dapil tersebut, KPU RI tetap melalui pleno dan yang menjadi salah satu pertimbangan lantaran Beltim masih tiga dapil, prinsip - prinsip yang belum terpenuhi. Itu berkaitan dengan profesional, berkesinambungan, asas dan geografis.

"Semua nya ada tujuh prinsip yang menjadi pertimbangan KPU RI, mungkin dengan dasar itulah KPU RI masih menggunakan tiga dapil. Kami dalam perihal ini hanya sebatas mengusulkan, dan penetapannya oleh KPU pusat," ujarnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help