Home »

Lokal

Pura-pura Salat, Pengangguran Tertangkap Tangan Bongkar Kotak Amal Masjid

Kepolisian Sektor Taman Sari Pangkalpinang mengamankan terduga pencuri kotak amal di Masjid Al-Ittifaq

Pura-pura Salat, Pengangguran Tertangkap Tangan Bongkar Kotak Amal Masjid
google image
Kotak Amal 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

POSBELITUNG.CO - Kepolisian Sektor Taman Sari Pangkalpinang mengamankan seorang terduga pencuri kotak amal di Masjid Al-Ittifaq di Kelurahan Selindung Baru Gabek Pangkalpinang. Rabu (11/4) pagi.

Pria yang diketahui bernama Hilman (44) yang merupakan pendatang asal Kebumen, Jawa Tengah ini tertangkap tangan oleh pengurus masjid sedang mengotak-ngatik kotak amal milik masjid tersebut.

Pengurus masjid, Suhartta Umar mengakui peristiwa ini terungkap saat dirinya melihat kondisi gudang masjid sudah terbuka sepulang dari pasar.

"Pelaku ini modusnya pura-pura salat dan tidur di masjid. Saat saya masuk kedalam gudang nampak pelaku hendak membuka kotak amal, lalu saya bertanya sedang apa di sini dan pelaku menjawab diperintahkan kerja oleh pak haji depan masjid," ujar Suhartta.

Melihat gerak gerik mencurigakan ini, Suhartta langsung menahan pelaku yang hendak kabur.

"Saya langsung berkoordinasi dengan ketua RT dan anggota kepolisian yang bertempat tinggal tidak jauh dari lokasi untuk diamankan ke Polsek Taman Sari," jelasnya.

Sudah dua kali
Pelaku Hilman (44) mengakui semua perbuatannya yang hendak melakukan pencurian di masjid ini.

"Sudah dua kali saya melakukan ini. Yang pertama mencuri di sini juga dapat uang Rp 500 ribu. Ini mau yang kedua kalinya," ujar Hilman.

Diakuinya, tindakan kriminal ini dilakukannya karena tak memiliki kerjaan pasti dalam kesehariannya.

"Saya baru dua bulan di Bangka, sudah enam kali tidur dan salat di masjid itu. Uangnya dipakai untuk makan dan keperluan sehari-hari," katanya.

Kapolsek Taman Sari, AKP Junaidi membenarkan kejadian ini. Diakuinya pelaku sudah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Termasuk barang buktinya berupa kotak amal dan motor milik pelaku sudah kita amankan. Saat ini masih dilakukan pendalaman oleh penyidik," pungkas Junaidi mewakili Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Risdiono. (bow)

Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help