Home »

Lokal

Wakil Bupati Belitung Timur : Kami Minta Tolong Agar Usut Pembalakan Hutan Gunung Duren

Wakil Bupati Belitung Timur menyoroti tentang pembalakan pohon dikawasan Hutan Produksi Gunung Duren, Belitung Timur.

Wakil Bupati Belitung Timur : Kami Minta Tolong Agar Usut Pembalakan Hutan Gunung Duren
Pos Belitung/Disa Aryandi
Pembalakan pohon meranti, Jumat (13/4) di kawasan HP Gunung Duren, Desa Lilangan, Kecamatan Gantung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanuddin (Aan), Senin (16/4/2018) menyoroti tentang pembalakan pohon dikawasan Hutan Produksi (HP) Gunung Duren, Desa Lilangan, Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Sebab pohon yang ditebang oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut merupakan pohon langka. Pohon meranti itu, telah dipelihara oleh dan sudah dijaga oleh masyarakat sekitar secara turun temurun.

Pohon - pohon tersebut merupakan hutan konservasi Provinsi Bangka Belitung (Babel). Sehingga harus ditindak lanjuti dengan serius, tanpa ada pandang bulu.

"Maka dari itu, kami minta tolong dan memohon agar di usut tuntas pembalakan liar di HP Gunung Duren itu. Baik penebang maupun penadah, jangan sampai ini menjadi banjir. Kami mohon kepada aparat baik di Polres Belitung maupun Belitung Timur, untuk bersama-sama," kata Aan kepada posbelitung.co, Senin (16/4/2018).

Tidak menutup kemungkinan, pohon meranti yang dipotong secara liar itu dibawa keluar Belitung Timur. Sebab perihal itu bisa dilakukan pengecekan melalui surat asal usul kayu (Sakau) kepada para pengusaha kayu. Untuk pohon meranti sendiri terbilang sangat mudah diketahui.

"Siapa saja pemain kayu di Beltim ini bisa dilihat siapa saja. Soalnya ini masalah serius, bukan main - main, kalau dibalak terus habis sudah. Yang jelas kami dalam hal ini mendukung penegakan hukum, mengingat kondisi kawasan HP Gunung Duren ini merupakan kawasan hutan konservasi dilindungi, karena pepohonan disitu masih terbilang bagus," ujarnya.

Sebelumnya, Gunung Duren Desa Lilangan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur memiliki hutan belantara sangat luas. Terdapat berbagai jenis pohon besar dan berumur ratusan tahun di hutan yang di ibaratkan sebagai jantung Pulau Belitung ini. Hutan rimba itu memiliki luasan hingga puluhan ribu hektar.

Namun dibalik keindahan hutan belantara yang berstatus Hutan Lindung dan Hutan Produksi ini, terdapat suasana yang kurang mengenakkan. Terdapat puluhan pohon berukuran sangat besar, dan telah berusia ratusan tahun ditebang oleh orang tidak bertanggung jawab.

Perambahan hutan secara liar ini, bagian dari tindak pidana ilegal logging. Puluhan pohon berukuran besar tersebut dipotong secara liar diduga menggunakan mesin dan dijadikan papan..

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help