KUA Tanjungpandan Catat 3 Pasangan Nikah dengan Dispensasi

Pernikahan dini sedang banyak diperbincangkan, Kantor Urusan Agama (KUA) Tanjungpandan sendiri mencatat hal ini

KUA Tanjungpandan Catat 3 Pasangan Nikah dengan Dispensasi
istimewa
Sulfani Imron kepala Kantor KUA Tanjungpandan 

Laporan wartawan Pos Belitung Suharli

POSBELITUNG.CO  - Pernikahan dini saat ini sedang banyak perbincangkan baik dimedia sosial maupun dimasyarakat. Kantor Urusan Agama (KUA) Tanjungpandan sendiri, mencatat sebanyak tiga pasangan mengajukan surat dispensasi pernikahan, sejak awal tahun sampai April 2018.

Sulfani menjelaskan dalam Undang-undang perkawinan, batas minimal usia untuk perempuan 16 tahun sedangkan untuk laki-laki 19 tahun.

"Kurang dari umur itu, harus minta Dispensasi ke Pengadilan Agama, hasil putusan baru di berikan ke KUA," ucap Sulfani Imron kepala Kantor KUA Tanjungpandan (17/4/2018).

Menurut Sulfani yang menyebabkan pernikahan dini terjadi karena pengaruh dari pergaulan bebas, untuk KUA Tanjungpandan juga sudah mensosialisasikan ke masyarakat,

"Kami sudah memberikan pembinaan dan himbauan pernikahan dini yang disampaikan kepada masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan ceramah dan pertemuan," kata Sulfani.

Kantor KUA Tanjungpan juga mencatat selama 2017 telah menikahkan 795 pasangan dimana 16 diantaranya mengunakan keterangan Dispensasi, sedangkan untuk 2018 sampai pertengan bulan maret menikahkan 301 pasangan dengan 3 pasangan mengunakan Dispensasi. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help