Home »

Lokal

Syarial : Kami Ingin Menciptakan Setiap Desa Ada Sental IKM

"Jangan sampai bahan baku nya dari Belitung Timur, dibuat kerajinan oleh orang luar, terus diklaim sebagai kerajinan mereka,"

Syarial : Kami Ingin Menciptakan Setiap Desa Ada Sental IKM
Pos Belitung/Disa Aryandi
Puluhan peserta, Selasa (17/4) mengikuti kegiatan sosialisasi pembentukan sentra pangan dan kerajinan kegiatan sosialisasi kebijaksaan dan peraturan perindustrian di Kabupaten Beltim. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perdagangan (PMPTSPP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Syarial melalui kegiatan sosialisasi pembentukan sentra pangan dan kerajinan kegiatan sosialisasi kebijaksaan dan peraturan perindustrian berniat, ingin membuat terobosan baru.

Terobosan tersebut berupa membangun Industri Kecil Menengah (IKM) di setiap Desa yang ada di Beltim. Terutama dengan memanfaatkan bahan produksi yang ada di Desa setempat.

"Agar bahan baku IKM ini tidak sampai keluar daerah, dan hanya produksi di Desa tersebut. Jangan sampai bahan baku nya dari Belitung Timur, dibuat kerajinan oleh orang luar, terus diklaim sebagai kerajinan mereka," kata Syarial kepada Posbelitung.co, Selasa (17/4/2018).

Sehingga, kata Syarial, tercipta sentra terpusat di Desa tersebut dan wisatawan yang ingin membeli sesuatu kerajinan atau produk IKM langsung di Desa itu.

"Ya tapi harus ada dukungan dari pemerintah desa juga. Paling tidak ada galeri IKM di setiap Desa itu, agar pemasaran menjadi terpusat. Misalkan orang mau mencari kerupuk ikan, taunya di Desa Baru, orang mau mencari keripik sukun tau nya di Desa Kurnia," ujarnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help