Polri Serius Tangani Pembalakan Liar di Hutan Gunung Duren

Sebagai upaya preventif nya, kami akan melakukan patroli bersama dengan Dinas Kehutanan di kawasan hutan. Jika ditemukan pelaku dan barang bukti

Polri Serius Tangani Pembalakan Liar di Hutan Gunung Duren
Pos Belitung/Disa Aryandi
Sejumlah pohon yang sudah menjadi papan, Jumat (13/4) di kawasan Hutan Produksi (HP) Gunung Duren, Desa Lilangan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kabid Humas Polda Bangka Belitung, AKBP Abdul Mun'im mengatakan, peran Polri dalam mencegah pembalakan liar di kawasan Hutan Produksi (HP) Gunung Duren, Desa Lilangan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), antara lain memberikan imbauan, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat.

Menurutnya hal tersebut sangat penting, karena pembalakan pohon secara liar bisa merusak lingkungan.

"Sebagai upaya preventif nya, kami akan melakukan patroli bersama dengan Dinas Kehutanan di kawasan hutan. Jika ditemukan pelaku dan barang bukti, tertangkap tangan maka akan dilakukan tindakan tegas,"  ujar Abdul Mun'im kepada posbelitung.co, Selasa (17/4/2018).

Abdul Muin menjelaskan, melalui bidang Gakkum mereka tetap akan melakukan penyidikan terhadap pelaku pembalakan pohon di Gunung Duren tersebut. Sebab dalam kasus pembalakan liar ini, sesuai dengan undang - undang di Bidang Kehutanan, terdapat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang diberikan kewenangan untuk melakukan penyidikan terhadap pelaku.

"Nah kami sebagai Polri hanya selaku Korwas (koordinator pengawas) PPNS. Namun apabila di Dinas Kehutanan yang bertugas di Belitung Timur tidak ada PPNS, maka penyidikannya bisa dilakukan oleh penyidik Polri dan dari pihak Dinas Kehutanan akan didengar keterangannya sebagai ahli," ungkapnya.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help