Sempat Heboh Digadang Jadi Mobil Nasional, Ini Jawaban Jokowi Soal Masa Depan Mobil Asemka

Presiden Joko Widodo masih melihat perkembangan mobil Asemka, yang dulunya digadang-gadang bisa menjadi mobil nasional.

Sempat Heboh Digadang Jadi Mobil Nasional,  Ini Jawaban Jokowi Soal Masa Depan Mobil Asemka
Tribunnews/Jeprima
Presiden RI Joko Widodo saat meninjau langsung beberapa both merek kendaraan saat pembukaan Indonesia International Motor Show 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018). Jokowi mengenakan jaket jinsnya yang sempat viral beberapa waktu lalu, Jaket tersebut ia kenakan saat touring dari Kecamatan Bantargadung dan mengakhiri perjalanannya di Pantai Pelabuhan Ratu dalam rangka kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat. Jokowi juga terlihat mengenakan sepatu sneakers berwarna hitam. 

POSBELITUNG.CO  - Presiden Joko Widodo masih melihat perkembangan mobil Asemka, yang dulunya digadang-gadang bisa menjadi mobil nasional.

Jokowi menyatakan, pemerintah saat ini memiliki tugas mendorong brand Indonesia bisa berkembang, namun dari sebuah riset dan dilakukan uji coba untuk masuk ke industri membutuhkan waktu.

"Nanti kita lihat apakah Asemka itu bisa masuk ke industri atau tidak, bisa masuk ke industri tapi bisa dipasarkan atau tidak, nanti kita lihat," ucap Jokowi di ajang IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

‎Menurut Jokowi, dukungan pemerintah kepada produk-produk dalam negeri yaitu menyederhanakan regulasi yang ada di setiap sektor, misalnya urusan berkaitan dengan uji laik, uji emisi dilakukan percepatan.

"‎Kemudian yang terakhir Pelabuhan Patimban akan kita Percepat dalam rangka ekspor untuk otomotif, nantinya memiliki sebuah pelabuhan yang mengefisienkan biaya-biaya, sehingga bisa bersaing dan berkompotesi dengan negara lain‎," ucap Jokowi.

Diketahui Asemka dinyatakan lulus uji emisi pada Agustus 2012 dan satu bulan kemudian diperbolehkan masuk produksi setelah Kemenhub mengeluarkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help