Disdukcapil Belitung Terus Memberikan Pelayanan Secara Maksimal ke Masyarakat

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan, Pemerintah Daerah

Disdukcapil Belitung Terus Memberikan Pelayanan Secara Maksimal ke Masyarakat
Posbelitung.co
FASILITAS INTERNET-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida memberikan pelayanan fasilitas kepada para pengunjung tentang menggunakan sitem digital dan internet dalam informasi pelayanan publik di kantor Disdukcapil Kabupaten Belitung, Rabu (18/4). 

POSBELITUNG.CO -- Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan inovasi dalam melayani masyarakat.

Inovasi tersebut untuk memudahkan dalam pendataan penduduk.

KEPALA Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida memberikan arahan kepada warga tentang informasi pelayanan publik.
KEPALA Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida memberikan arahan kepada warga tentang informasi pelayanan publik. (Posbelitung.co)

"Saat ini kami sudah menggunakan sistem informasi pelayanan publik (IPP) dengan menerapkan aplikasi khusus yang terintegrasi secara penuh bagi masyarkat," jelas Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida, Rabu (18/4/2018).

Hotmaria mengatakan aplikasi berbasis IPP merupakan sebuah terobosan yang akan terus dilakukan agar pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan menjadi lebih mudah, cepat dan dapat memuaskan masyarakat saat mengurus administrasi kependudukan.

Aplikasi ini jelasnya banyak manfaatnya untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan data kependudukan, meminimalisir kesalahan data serta mendukung Belitung sebagai daerah cerdas administrasi kependudukan.

KEPALA Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida mendo­rong kursi roda saat mendampingi masyarakat untuk mengurus Administrasi Kependudukan.
KEPALA Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida mendo­rong kursi roda saat mendampingi masyarakat untuk mengurus Administrasi Kependudukan. (ist)

"Nantinya setiap berkas yang dihasilkan oleh aplikasi ini akan diberi barcode sehingga memudahkan pengecekan data penduduk, petugas tidak perlu menulis ulang data sehingga tingkat kesalahan input data dapat dikurangi, ketika berkas tersebut dibawa ke dinasnya tinggal memindai barcode yang ada saja," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Hotmaria berbagai program pun sudah dijalankan oleh Disdukcapil dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik antara lain jemput bola di beberapa kecamatan dan desa di wilayah Kabupaten Belitung, perekaman data di sekolah, dan penambahan waktu jam kerja.

Ia pun menjelaskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pihaknya juga melibatkan stakeholder yang terkait untuk mendapatkan saran dan masukan terhadap pelayanan di Disdukcapil. (*/adv)

WARGA Negara Asing (WNA) melakukan rekam sidik jari e-KTP.
WARGA Negara Asing (WNA) melakukan rekam sidik jari e-KTP. (ist)
MELAYANI masyarakat dalam pembuatan Akta Kelahiran.
MELAYANI masyarakat dalam pembuatan Akta Kelahiran. (ist)
PENYERAHAN Dokumen Kependudukan oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida.
PENYERAHAN Dokumen Kependudukan oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung Hotmaria Ida. (ist)
TIM Pelayanan Keliling saat menuju Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik.
TIM Pelayanan Keliling saat menuju Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik. (ist)
Editor: ismed
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved