Tradisi Murok Jerami Hadir Kembali Di Desa Namang, Apa itu?

Kegiatan Tradisi Murok Jerami dan Festival Selawang Segantang di desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah berlangsung semarak

Tradisi Murok Jerami Hadir Kembali Di Desa Namang, Apa itu?
bangkapos/riki
Kegiatan Tradisi Murok Jerami dan Festival Selawang Segantang di Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah berlangsung semarak pada, Senin (23/4/2018) di lapangan Bola Desa Namang. 

Laporan Wartawan Bangkapos, Riki Pratama 

POSBELITUNG.CO - Kegiatan Tradisi Murok Jerami dan Festival Selawang Segantang di desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah berlangsung semarak pada, Senin (23/4/2018) di lapangan Bola Desa Namang.

Murok Jerami merupakan kegiatan musyawarah  mufakat masyarakat yang dipimpin oleh ketua adat bersama toko adat dan toko masyarakat bersama sama bergotong royong memetik, memanen, dan memilih bibit padi unggul untuk ditanam pada masa tanam berikutnya.

“Kegiatan tahunan ini merupakan  kegiatan adat yaitu sifat gotong royong dalam menentukan waktu tanam, memamen, menumbuk hasil padi di sawah yang semuanya di lakukan dengan bermusyawarah mufakat,”jelas Kades Namang Wahid kepada bangkapos.com, Senin (23/4/2018)

Dalam kegiatan itu banyak menampilkan pentas seni seperti tari, hiburan musik serta peragaan makna murok jermai itu sendiri.

“Kami ingin menjadikan, desa ini unggul dan sebagai desa tujuan wisata dan swasembada  beras di Kabupaten Bangka Tengah,”jelasnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help