Catat 4 Trik Cerdas Ini Supaya Bayi Lahap MPASI

Bila para ibu sudah mulai diserang pusing dan bingung karena hal di atas, artikel yang satu ini sangat tepat untuk disimak.

Catat 4 Trik Cerdas Ini Supaya Bayi Lahap MPASI
Mommyasia
Bayi menikmati menu MPASI 

POSBELITUNG.CO--Setelah berusia 6 bulan, buah hati akan mulai diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Nah, selain sering merasa bingung menentukan menu MPASI yang paling tepat, para ibu juga sering dipusingkan dengan gerakan tutup mulut bayi. Padahal, harapan setiap ibu  bayi selalu lahap menyantap menu MPASI, apa pun jenis makanan yang disiapkan.

Bila para ibu sudah mulai diserang pusing dan bingung karena hal di atas, artikel yang satu ini sangat tepat untuk disimak. nakita.grid.id membagi trik cerdasnya supaya bayi lahap MPASI.

//

Berikut penjelasannya,

1. Beri makan saat bayi lapar

Jangankan bayi, orang dewasa pun malas makan kalau sedang kenyang. Tapi kalau lapar, semua makanan pasti terasa enak. Maka, begitu buah hati terlihat lapar, jangan disusui, tapi berikan MPASI.

Ingat untuk membiarkannya, biarkan bayi mencicipinya dulu sebab bayi butuh pengenalan rasa. Jadi pemberian MPASI juga harus dilakukan secara perlahan.

2. Jangan mudah putus asa

Orang tua tidak boleh mudah putus asa. Namanya baru mengenal makanan selain ASI, bayi pasti merasa asing. Jadi, kalau MPASI ditolak, jangan langsung disusui, ya.

Saat jam makan, walau butuh waktu lama menghabiskan MPASI-nya, kita juga harus sabar dan jangan sampai putus asa. Justru, kita juga boleh membiarkannya makan sendiri. Dengan begitu, bayi bisa lahap MPASI.

3. Pelajari penolakan bayi

Nah, ini yang paling sulit. Pelajari dulu kenapa bayi sulit makan. Bisa ada banyak alasan, mulai dari masih kenyang, mulai tumbuh gusi, sariawan, sampai gatal di mulut karena alergi. Jadi terus dan terus lakukan perbaikan setiap kali memberikan makan kepadanya. Percayalah, dengan ketelitian dan kesabaran, tidak sampai seminggu kita pasti bisa menemukan solusinya.

4. Jangan terlalu dipusingkan

Ternyata memang ada masanya bayi pilih-pilih makanan. Biasanya, sih, karena bayi sedang bereksplorasi dengan indera pengecap dan oromotornya (otot mengunyah dan menelan di mulut).

Jadi, kalau masih dalam taraf wajar, sebaiknya jangan terlalu diambil pusing.

Namun ketahui juga batasnya, kalau bayi menolak makan dalam jangka waktu lama, tentu harus diperiksakan ke dokter.  

Yuk, catat 4 trik di atas dan segera praktikkan supaya buah hati bisa lahap MPASI. Ingat sekali lagi, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari orangtua supaya proses pemberian MPASI bisa berjalan lancar.

//
Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help