Bosan dengan Nasi Putih? Coba 5 Variasi Nasi yang Enaknya Kebangetan

Coba deh, 5 variasi nasi yang enaknya kebangetan ini. Kelimanya, merupakan olahan nasi khas Indonesia yang dijamin bikin makan jadi makin berselera.

Bosan dengan Nasi Putih? Coba 5 Variasi Nasi yang Enaknya Kebangetan
sajian sedap
Nasi hijau teri nasi 

POSBELITUNG.CO--Makanan pokok orang Indonesia memang nasi putih. Tapi, ada kalanya juga lidah ini bosan kalau hanya diberi nasi putih tiap hari, apalagi kalau lauknya kurang variatif. Karena itu, coba deh, 5 variasi nasi yang enaknya kebangetan ini. 

Kelimanya, merupakan olahan nasi khas Indonesia yang dijamin bikin makan jadi makin berselera.

//

Soalnya, tampilan dan aromanya saja sudah sanggup membuat air liur menetes. Begitu dicoba, lidah pasti langsung jatuh hati. 

Nasi Uduk

Nasi Uduk Klasik

Siapa sih orang Indonesia yang belum pernah mencicipi nasi uduk?  Olahan nasi khas Betawi ini bisa dibilang variasi yang paling mudah. 

Apalagi di resep Nasi Uduk kali ini, kita bisa membuat nasi uduk hanya dengan rice cooker. 

Luar biasa praktis kan? Bahannya pun sederhana tapi rasa gurihnya betul-betul memanjakan lidah. 

Nasi uduk cocok dinikmati dengan hampir semua jenis lauk mulai dari ayam goreng, sayur asem, sampai juga ikan bakar. 

Nasi Liwet

Nasi Liwet Jambal Roti

Nasi liwet sebenarnya hampir sama dengan nasi uduk. Nasi putih dimasak dengan santan dan aneka rempah sehingga aroma dan rasanya jadi luar biasa sedap.

Hanya saja, nasi liwet biasanya lebih pulen atau lembek daripada nasi uduk.

Di resep Nasi Liwet ini, kita menambahkan jambal roti dan telur asin sebagai pelengkapnya. Tapi, kalau mau ditambahkan lauk lain pasti jadi lebih seru.

Apalagi kalau ditata di daun pisang dan dimakan bersama-sama seperti tradisi liwetan yang sedang trend belakangan. Makan pasti makin berkesan.

Nasi Kuning

Nasi Kuning

Kalau yang ini, nasi yang selalu hadir di acara-acara penting. Mungkin karena warnanya yang cantik, nasi kuning paling sering sih dibuat tumpeng.

Tapi, menghadirkannya di rumah juga sah-sah saja kok. Soalnya, membuat nasi kuning ternyata super mudah. Pelengkapnya pun bisa beragam jenis. Mau sederhana? Lengkapi saja dengan abon sapi dan telur dadar seperti Nasi Kuning ini. Sudah cukup enak kok. 

Nasi Hijau

Nasi Hijau Teri Nasi

Warananya yang cantik sudah pasti membuat keluarga jadi penasaran untuk mencicipi. Ya, nasi hijau ini dibuat dari blenderan sawi dan cabai hijau sebagai pewarna hijau alami. Yang pasti lebih sehat dan disukai keluarga. Yuk, segera buat resep Nasi Hijau untuk makan siang hari ini. 

Nasi Hitam

Nasi Hitam

Semua pasti bisa menebak kalau nasi hitam ini dibuat dari tinta cumi. Jadinya, tidak perlu pewarna macam-macam, deh.

Cukup gunakan cumi yang tidak dibersihkan kantung tintanya saja. Karena tinta cumi terkadang punya aroma amis, maka pastikan menggunakan rempah yang cukup banyak di dalam tumisannya, ya.

Kalau suka, daun kemangi pun bisa kita lebihkan dari takaran resep. Dijamin, rasa amisnya akan tertutupi. Yang tertinggal hanya rasa nikmat Nasi Hitam yang terbayang-bayang terus di lidah.  

 

Untuk mendapatkan buku-buku resep pilihan Sedap Saji, kunjungi juga: Kanal Belanja Sajian Sedap (Baca juga: Jangan Sampai Lakukan! Kesalahan Mencuci Ini Malah Bikin Piring Makin Kotor) (Baca juga: Yakin Deh, Makan Nasi Pasti Nambah Terus Karena Nikmatnya 5 Resep Serba Ikan Asin Jambal Ini)

//
Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help