Nelayan Mudong Belitung Timur Ucap Deklarsi Penolakan Aktivitas Tambang Laut

Kelompok nelayan mudong melayangkan aksi protes agar tidak terjadi aktivitas tambang laut diperairan Belitung Timur

(Video) Nelayan Mudong Belitung Timur Sempat Deklarsi Penolakan Aktivitas Tambang Laut

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Bertujuan melayangkan aksi protes agar tidak terjadi aktivitas tambang laut diperairan Belitung Timur, kelompok nelayan mudong, Kecamatan Manggar sempat melakukan aksi selamat laut dua pekan lalu.

Selamat laut ini di warnai dengan deklarasi penolakan aktivitas tambang laut. Ini sebagai langkah nelayan tradisional menolak keberadaan kapal isap di perairan Belitung Timur. Pasalnya ada 500 lebih nelayan bergantung hidup diperairan tersebut.

"Nelayan ini semua nya menolak tambang laut. Jadi jangan cerita lah kalau ada nelayan yang setuju. Siapa bilang ada nelayan yang tidak ada masalah dengan keberadaan kapal isap?," kata Suharli, nelayan Mudong kepada posbelitung.co, Selasa (8/5/2018).

Kata warga Kampung Tranbulan, Desa Lalang tersebut, nelayan sudah turun temurun bergantung hidup di perairan laut. Percairan hasil laut mereka, terhitung dari mulai pesisir (hutan mangrove) hingga 4 mill perairan laut.

"Pokok nya kami tidak ingin ada tambang laut, kapal isap atau sebagainya di laut kami. Coba dilihat mana yang betul - betul nelayan dan mengatasnamakan nelayan, jangan sampai kami sama - sama nelayan di adu. Kami minta juga PT Timah dipertemukan dengan kami membahas masalah ini," ucapnya.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help