Tingkatkan Layanan Kependudukan, Belitung Timur Sosialisasikan GISA

Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA)program nasional yang ditujukan untuk meningkatkan layanan dokumen kependudukan

Tingkatkan Layanan Kependudukan, Belitung Timur Sosialisasikan GISA
Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Beltim Ernadi S,AP menyerahkan secara simbolis Dokumen kependudukan program 3 in 1, 4 in 1 dan 5 in 1. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) adalah program nasional yang ditujukan untuk meningkatkan layanan dokumen kependudukan di seluruh wilayah Indonesia. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Senin (14/5/2018) menjadi pioner terdepan dalam hal mensukseskan program ini, dengan mensosialisasikannya di halaman parkir kantor Disdukcapil Beltim, 

Melalui program GISA, masyarakat diajak ikut berpartisipasi mensukseskan dengan cara meningkatkan kepedulian dalam mengurus dokumen kependudukannya serta melaporkan peristiwa penting kependudukan yang dialami.

Tak cukup sampai disitu, seluruh elemen, Dinas, OPD, maupun instansi vertikal harus dapat bekerjasama terkait dengan data kependudukan sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Beltim, Ernadi menekankan bahwa GISA di Kabupaten Beltim bertujuan untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan yang efektif dan efisien, praktis, mudah dan murah.

"Diharapkan dengan adanya GISA pelayanan ke pada masyarakat lebih cepat lebih mudah, dan partisipasi masyarakat jugapun diharapkan lebih aktif," kata Enardi kepada posbelitung saat ditemui usai kegiatan.

Tahun 2017 misalnya, Disdukcapil Beltim telah melaksanakan kegiatan jemput bola yakni dengan perekaman KTP-el bagi penduduk lanjut usia dan disabilitas serta kegiatan akta siap saji di RSUD.

"Di tahun 2017, Disdukcapil Kabupaten Beltim meraih juara pelayanan administrasi penduduk (adminduk) ke-2 se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penghargaan nasional telah melampaui target pencapaian akte lahir usia 0-18 tahun serta penghargaan Ombudsman predikat kepatuhan tertinggi terhadap standar pelayanan publik," bebernya.

Memacu hasil yang diperoleh tahun lalu, tahun 2018 Disdukcapil Beltim fokus pada peningkatan kualitas layanan akta siap saji di RSUD, pelayanan pengurusan dokumen kependudukan bagi penduduk yang menikah di KUA Manggar, jam kerja tanpa istirahat, menyiapkan nomor layanan pengaduan, pojok baca dan pengumuman jumlah ketersediaan blangko KTP-el, sosialisasi pelayanan dokumen kependudukan dan perekaman KTP-el di sekolah SMA se kabupaten Beltim.

Disdukcapil menargetkan kinerja yang diharapkan pada 2018 meliputi penuntasan perekaman KTP-el dan cetak KIA dengan target 2019 setiap anak telah memiliki KIA, bekerjasama dengan seluruh OPD yang ada di Beltim pengguna data kependudukan sehingga memudahkan semua pihak dalam pemanfaatan data dan melakukan inovasi-inovasi sehingga target nasional kinerja Disdukcapil tercapai. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help