Home »

Lokal

Tahun Ini 3000 hektar Kebun Sawit di Babel Bakal Direplanting

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni Batu Bara menyebutkan tahun ini Pemprov Babel mengajukan 3000 sawit replanting

Tahun Ini 3000 hektar Kebun Sawit di Babel Bakal Direplanting
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Dinas Pertanian Babel, Toni Batu Bara. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

POSBELITUNG.CO  - Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni Batu Bara menyebutkan tahun ini Pemprov Babel mengajukan 3000 sawit replanting pada pemerintah pusat tahun 2018.

Toni menyebutkan luas perkebunan sawit di Babel milik swasta diperkirakan mencapai 140 ribu hektar, dan sawit masyarakat sekitar 63 ribu hektar yang tersebar di enam kabupaten.

"Program sawit ini ada replanting dan peremajaan. Pertama, penggantian tanaman tua diatas 25 tahun dan yang kedua itu tanaman yang tidak produktif. Tanaman tidak produktif itu misalnya petani kita yang menanam bibit palsu," ujarnya, Rabu (16/5/2018).

Ia mengatakan untuk replanting ini hanya diperuntukkan bagi sawit masyarakat, bukan swasta. Petani yang mendapatkan bantuan replanting ini akan mendapatkan bantuan bibit dan pupuk bersubsidi.

"Kita remajakan punya petani. Kita usulkan 2000 hektar tapi kita dapat 3000 mengganti tanaman tua, mulai tahun ini," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help