Bupati Beltim Keluarkan Instruksi Penertiban Tempat Hiburan dan Rumah Makan Selama Ramadan

Dalam instruksi Bupati Beltim tersebut juga diimbau bagi pengusaha restauran, rumah makan, kedai kopi dan warung minuman lainnya

Bupati Beltim Keluarkan Instruksi Penertiban Tempat Hiburan dan Rumah Makan Selama Ramadan
Pos Belitung/Suharli
Intruksi berdasarkan Surat Edaran Bupati Belitung Timur 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur meminta agar semua pihak kelompok maupun perorangan menunjukkan simpati kepada umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa, serta menjaga keimanan dan ketaqwaan dalam kerukunan umat beragama dengan penuh toleransi.

Dalam instruksi Bupati Beltim tersebut juga diimbau bagi pengusaha restauran, rumah makan, kedai kopi dan warung minuman lainnya untuk membuka siang hari pada bulan Ramadan, dan harus mengunakan tabir penutup.

Penyelenggaraan kepariwisataan, tempat hiburan malam, panti pijat, sauna, karaoke, musik hidup dan bilyard harus tutup pada satu hari sebelum ramadan, hari pertama ramadan, malam Nuzulul Quran dan satu hari sebelum, sampai dengan satu hari sesudah hari raya Idul Fitri.

Ditemui dikantornya Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza mengatakan, untuk tempat hiburan malam, selain yang sudah ditentukan untuk tidak melaksanakan aktifitas usaha,

"Ini semua untuk menghormati orang yang sedang menjalankan Ibadah Puasa, bisa membuka usahanya pada pukul 21.00 WIB dan ditutup pada pukul 23.30, dengan tidak boleh menjual minuman beralkohol," ujar Bupati Beltim (16/5/2018).

Selain itu juga diimbau kepada masyarakat luas dilarang mengadakan pertunjukan  musik (hiburan rakyat) yang dapat mengusik ke khusyukan umat Islam yang aedang menjalankan ibadah.

Serta masyarakat juga tidak diperkenankan untuk memperjualbelikan dan membunyikan petasan  termasuk meriam bambu terutama pada saat umat Islam menjalankan ibadah shalat tarawih dimalam hari.

Pelanggaran terhadap intruksi ini akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Intruksi ini berdasarkan Surat Edaran Bupati Belitung Timur, Nomor 451/65/I/2018 Tanggal 3 Mei 2018 yang ditandatangani  Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza SE, guna menghindari keraguan dalam pelaksanaan di lapangan. 

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help