Harga Daging Ayam di Beltim Tertinggi di Babel, Sempat Tembus Rp 60 Ribu Perkilogram

Harga daging ayam di Belitung Timur tertinggi se-Bangka Belitung beberapa waktu lalu. Harganya mencapai Rp 60 ribu...

Harga Daging Ayam di Beltim Tertinggi di Babel, Sempat Tembus Rp 60 Ribu Perkilogram
Pos Belitung/Suharli
Peternakan ayam potong. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Harga daging ayam di Belitung Timur tertinggi se-Bangka Belitung beberapa waktu lalu. Harganya mencapai Rp 60 ribu perkilogramnya.

Hal tersebut dibahas dalam rapat harga bahan pokok dibulan ramadan dan menjelang Idul Fitri yang diadakan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan, Jumat (18/5/2018).

Saat ini harga tersebut sudah mulai turun dan menyentuh angka Rp 50 ribu perkilogram, namun harga tersebut juga tergolong masih tinggi.

Abdul Thalib (42) satu diantara pedagang ayam yang turut menghadiri rapat mengatakan, kenaikan harga ayam karena pedagang mengambil dari peternak cukup tinggi.

Yakni Rp 31.500 perekor ayam dengan bobot kotor ayam 1.8 kilogram.

"Harga pernah mencapai 60 ribu, pada bulan ruah kemarik, karena kami mengambil 35 ribu perekor ayam dan stok ayam tidak ada," sebut Abdul Thalib.

Saat itu kondisi ayam yang dipanen juga belum masuk ukuran, namun karena kebutuhan tinggi terpaksa dipotong lebih dahulu dengan konsekuensi harga jual juga menjadi tinggi.

Selain itu ini juga dampak dari ayam yang mati, harga pakan naik dan harga bibit ayam DOC naik.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan, Liatim mengatakan, untuk menekan harga daging ayam, pihaknya akan melakukan penulusuran.

Liatim juga menyampaikan tujuh hari sebelum Idul Fitri, akan mengelar operasi pasar dengan menyediakan paket sembako untuk menstabililkan harga di pasaran.

"Untuk harga sembako di siapkan mendapatkan 8.710 paket Sembako Murah berupa Beras Premium 5Kg, Gula 2Kg. M.Goreng 2 Ltr = Rp 40.000/ Paket dari harga normal Rp 100.000 dan Sedangkan Daging Sapi Beku juga disiapka 8.710 = Rp 40.000/Perkilo. Dan masih dalam proses lelang," ujar Liatim.

Penulis: Suharli
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help