Hati-hati Beli Makanan Untuk Berbuka, BPOM Sebut Harus Perhatikan Ini

Masyarakat harus tetap memilih makan sehat dan tidak mengandung bahan pengawet maupun pewarna.

Hati-hati Beli Makanan Untuk Berbuka, BPOM Sebut Harus Perhatikan Ini
ilustrasi
Ilustrasi takjil: Beberapa pedagang musiman yang menjual jajanan takjil di Jalan Airlangga Mataram. (FOTO: KOMPAS.com/ Karnia Septia) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menjelang berbuka puasa, masyarakat biasanya berburu makanan ringan. seperti mencari kue dan makanan siap saji.

Tentunya dalam memilih makanan, pembeli harus memperhatikan dan harus waspadai. Ada tips yang harus diperhatikan dalam membeli makanan untuk keperluan berbuka puasa.

Bagian Serlik Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang wilayah Provinsi Bangka Belitung (Babel), Dyah Antuni mengatakan, bahwa masyarakat harus tetap memilih makan sehat dan tidak mengandung bahan pengawet maupun pewarna.

Dalam memilih makanan berbuka puasa, ada beberapa yang harus menjadi perhatian masyarakat, terutama terhadap makanan yang siap saji. Selain bersih, yang harus dilihat oleh pembeli adalah warna dari makanan tersebut tidak mencolok, dan baunya tidak menyengat.

"Jadi warna nya normal saja. Ini untuk menghindari, misalkan pewarna yang biasa digunakan untuk pangan digunakan buat kue. Terus bau nya, kalau tercampur formalin pasti beda, pasti ada bau kimia," ucap Dyah kepada posbelitung.co, Jumat (18/5/2018).

"Terus kalau makanan yang kemasan, kita imbau dengan ceklist, dan dipastikan kemasan nya dalam kondisi baik. Kalau ada segel, segelnya masih utuh dan tidak rusak, tidak berkarat (untuk kaleng)."

Buat melihat label makan, kata Dyah, harus dilakukan dengan cermat alias teliti oleh pembeli. Misalkan kali pertama harus dilakukan pengecekan berupa tulisan produk tersebut.

"Tentunya harus jelas, alamat nya juga harus jelas, komposisi harus dilihat dan kemudian produksi jelas. Kalau dari segi izin, dipastikan ada izin edar, baik dari BPOM atau Dinkes. Terus yang harus dilihat juga, tanggal kadaluarsa," bebernya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help