Advertorial

Pejabat Pemkab Belitung Bayar Zakat Serentak

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Belitung, Sahirman Jumli menjadi orang pertama yang melakukan pembayaran zakat serentak di ruang sidang Bupati Belitung

Pejabat Pemkab Belitung Bayar Zakat Serentak
Istimewa
Pjs Bupati Belitung Sahirman melakukan pembayaran zakat secara serentak bagi kepala daerah, pimpinan OPD dan direktur BUMD melalui BAZNAS Kabupaten Belitung pada bulan Ramadan 1439 H/2018 M di ruang sidang Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (24/5). 

POSBELITUNG.CO - Pejabat sementara (Pjs) Bupati Belitung, Sahirman Jumli menjadi orang pertama yang melakukan pembayaran zakat serentak di ruang sidang Bupati Belitung, Kamis (24/5). Setelah itu disusul Asisten Setda Pemkab Belitung lalu sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupa­ten Belitung yang ikut melakukan pembayaran zakat yang digelar Pemkab Belitung secara serentak Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Belitung.

Hadir pada kegiatan itu, Asisten Bidang Pemerintah  Setda Pemkab Belitung Mirang Uganda, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkab Belitung JasagungHeriyadi, Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Belitung, Suhardi Ishak, kepala-kepala OPD, Direktur BUMD serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Belitung. 

Sahirman mengatakan, pembayaran zakat di lingkup Pemkab Belitung memang sudah menjadi kewajiban. Terutama selaku umat muslim, harus melakukan pembayaran zakat tersebut secara rutin.

Pjs Bupati Belitung Sahirman melakukan pembayaran zakat secara serentak bagi kepala daerah, pimpinan OPD dan direktur BUMD melalui BAZNAS Kabupaten Belitung pada bulan Ramadan 1439 H/2018 M di ruang sidang Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (24/5).
Pjs Bupati Belitung Sahirman melakukan pembayaran zakat secara serentak bagi kepala daerah, pimpinan OPD dan direktur BUMD melalui BAZNAS Kabupaten Belitung pada bulan Ramadan 1439 H/2018 M di ruang sidang Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (24/5). (Istimewa)

“Karena ini selain memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim, ini bentuk dukungan terhadap Baznas selaku pengelola zakat. Baznas adalah mitra kita dan mereka membatu kita untuk menyalurkan zakat,” kata Sahirman Jumli, Kamis (24/5).

Ke depan, Sahirman berharap, tetap dilakukan pembayaran zakat bersama di bulan Ramadan. Tentunya ini harus diteruskan oleh Bupati Belitung berikutnya, dan menjadi agenda rutin dan serempak melalui Baznas.

“Pertama, untuk kita muzaki agar tetap membayar zakat. Kedua untuk memperbuat lembaga administrasi Baznas, sehingga ada perihal yang kecil untuk keperluan pendidikan dan kesehatan, nah itu bisa melibatkan Baznas,” katanya.

Untuk unit pengelolaan zakat (UPZ) yang ada di OPD, tetap diharapkan terus berjalan. Kendati itu perlu ditingkatkan, terutama dari segi kesadaran buat membayar zakat. “Apabila ada penghasilan, langsung 2,5 persen dibayar zakat. Zakat ini buat bekal dan amal kita di akhirat nanti,” katanya.

Ketua Baznas Kabupaten Belitung, Suhardi Ishak mengatakan, selama ini dalam pengelolaan zakat mereka telah menyalurkan kepada orang-orang yang berhak. Penyaluran tersebut melalui program Belitung Peduli, Belitung Sehat, Belitung Cerdas, Belitung Taqwa dan Belitung Makmur.

“Selama ini sudah kami lakukan. Nah untuk tahun kemarin kami sudah mengelola sebanyak Rp 1,2 miliar, dan tahun ini rencana target kami Rp 1,6 miliar,” kata Suhardi.

Menurutnya, dalam pembayaran zakat ini bisa dilakukan secara sendiri dan langsung ditujukan kepada penerima. Namun biasa ditemukan, hal itu tidak menyelesaikan permasalahan.

“Nah jadi melalui lembaga ini dan itu ada di dalam Alquran. Ini untuk menjaga harkat martabat mustahit kita dan supaya lebih merata pendistribusiannya,” katanya. 

Bupati Belitung sekaligus pernyataan secara resmi pembayaran zakat secara serentak di ruang sidang Pemerintah Kabupaten Belitung.
Bupati Belitung sekaligus pernyataan secara resmi pembayaran zakat secara serentak di ruang sidang Pemerintah Kabupaten Belitung. (Istimewa)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help