Jamaah Itikaf di Masjid Nabawi Tidak Boleh Tidut di Dalam Masjid

Itikaf atau beribadah dan bermukim berlama-lama untuk beribadah pada bulan Ramadan (i’tikaf) di 10 hari

Jamaah Itikaf di Masjid Nabawi Tidak Boleh Tidut di Dalam Masjid
Jamaah Itikaf Ramadan 1439 Hijriyah, tidur dan istirahat di luar area Masjid Nabawi, Madinah, Kamis (7/6/2018). (dok_yad_jentak/dmi) 

POSBELITUNG.CO -- Itikaf atau beribadah dan bermukim berlama-lama untuk beribadah pada bulan Ramadan (i’tikaf) di 10 hari terakhir Ramadan di Masjid Nabawi, Madinah, mulai terasa berbeda.

Otoritas Kerajaan Arab Saudi, sebagai Pelayan dua masjid suci di Arab, mulai Ramadan 1439 Hijriyah tahun ini, melarang lagi jamaah untuk tidur di area masjid.

Jamaah Itikaf Ramadan 1439 Hijriyah, tidur dan istirahat di luar area Masjid Nabawi, Madinah, Kamis (7/6/2018).
Jamaah Itikaf Ramadan 1439 Hijriyah, tidur dan istirahat di luar area Masjid Nabawi, Madinah, Kamis (7/6/2018). (dok_yad_jentak/dmi)

Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Yadi Suryadi Jentak, Kamis (7/6/2018) melaporkan dari Madinah, jamaah i’tikaf kini hanya diperolehkan istirahat dan tidur di pelataran luar masjid suci kedua setelah Masjidil Haram ini.

“Suasana pelataran Masjid Nabawi Madinah yang dipenuhi jamaah i'tikaf yang tidur lelap usai melaksanakan ibadah qiyamul lail,” kata Yadi, kepada Tribun, Kamis siang.

Masjid Nabawi Madinah
Masjid Nabawi Madinah (dok_instagram/)

Sejak April 2018 lalu, memang pemerintah Arab Saudi, sebagai pengelola masjid dengan luas areal 98,000 m2 ini, melansir peraturan baru.

“Kecuali mereka mendaftar lebih dulu di website resmi Masjid Nabawi,” ujarnya.

Ini website resmi Masjid Nabawi 

Untuk pendaftaran itikaf: 

Itu pun izin untuk beristirahat di area dalam masjid hanya diberikan untuk area lantai 2. Alarabiyah, situs pemerintah kerajaan, sejak awal April 2018, sudah mengumumkan pelarangan istirahat dan membawa bantal, selimut ke dalam area utama Masjid.

Di dalam masjid hanya diperuntukkan bagi jamaah  yang solat, mengaji, berzikir, dan majelis taklim dalam kelompok kecil.

Relawan dari sebuah lembaga sosial di Madinah sedang menyiapkan hidangan berbuka puasa bagi ummat muslim di Masjid Nabawi Madinah, Rabu (6/6/2018).
Relawan dari sebuah lembaga sosial di Madinah sedang menyiapkan hidangan berbuka puasa bagi ummat muslim di Masjid Nabawi Madinah, Rabu (6/6/2018). (Yadi Jentak/DMI)

Baca: Jawaban Istri Mengejutkan Ketika Suami Memintanya Memilih Padahal Sudah 25 Tahun Menikah

Petugas keamanan dan kebersihan Masjid terus patroli dan akan mengusir jamaah yang tidak mematuhi aturan baru yang juga akan berlaku musim i’tikaf tahun-tahun mendatang.

Halaman
12
Editor: ismed
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help