Wakil Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Bantuan Banjir di Belitung Timur

Wagub menyampaikan, ini merupakan suatu respon Pemprov Kepulauan Bangka Belitung atas bencana banjir di Belitung Timur beberapa...

Wakil Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Bantuan Banjir di Belitung Timur
Pos Belitung/Suharli
Wagub Babel Abdul Fatah saat melakukan peletakan batu pertama. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah melakukan peletakan batu pertama di lokasi rekonstruksi dan rehabilitasi rumah pascabencana banjir tahun 2017 lalu di Dusun Merante, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Kamis (7/7/2018).

Wagub menyampaikan, ini merupakan suatu respon Pemprov Kepulauan Bangka Belitung atas bencana banjir di Belitung Timur beberapa waktu yang lalu.

"Kami juga melihat tingkat kesulitannya (ekonomi) juga tinggi di desa Selinsing ini, oleh karena itu, oke saat ini sudah tidak banjir lagi, tapi jika suatu antispasi jika kejadian serupa terjadi lagi, pasti akan kena lagi, makanya kami relokasi dan replacement, ketempat daerah yang lebih tinggi, dan kemudian masih memungkinkan untuk dibangun rumah. Pihak desa juga terbuka, dan menyediakan lahan, untuk membangun rumah pasca bencana," ujar wagub dalam sambutannya.

Pemprov berharap dengan terbangunnya rumah layak huni, hal yang diinginkan agar rumah yang sudah jadi nanti dipelihara dengan baik, oleh calon calon penghuni.

Abdul Fatah
Abdul Fatah (Pos Belitung/Suharli)

Sedangkan untuk calon penghuni, dijelaskan wagub, pemprov telah melaksanakan pengamatan-pengamatan dari berbagai sumber, yang kemudian melihat kondisi nyata orang-orang yang terkena bencaca itu.

Berdasarkan hal tersebut ditetapkan calon penerima rumah bantuan.

"Anggaran pembangun sebanyak rumah 75 unit, semua dilakukan melaui anggaran pendapatan dan belanja daerah provinsi kepulauan Bangka Belitung, kemudian target waktu penyelesaian selama bulan bulan, kita harapkan paling lambat sebelum bulan desember pembanguna sudah selesai," ujar wagub.

Wagub pun mengimbau kepada pihak pemborong, pelaku-pelaku pembangunan pada saat pembangunan proyek ini harus sesuai dengan speknya, jangan sekali-kali diselewengkan.

Dan kepada para calon penghuni rumah, apabila sudah dihuni, diharapkan pemilik rumah bisa menanam pepohonan yang menghasilkan buah.

Ditekan oleh wagub, mereka dilarang memindahtangankan rumah bantuan kepada pihak luar, kecuali kepada anaknya, dan pengawasan dan pengendalian kami serahkan kepada pihak kepala desa yang akan mengawasi ini. (q5)

Penulis: Suharli
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help