Pedagang Janur Kelapa, Bahan Pembuat Ketupat Mulai Bermunculan

Tiga hari menjelang Lebaran, Pedagang janur kelapa dan ketupat musiman mulai membuka lapaknya

Pedagang Janur Kelapa, Bahan Pembuat Ketupat Mulai Bermunculan
posbelitung/suharli
Walek pejual janur kelapa musiman di desa Kurnia Jaya 

Laporan wartawan Pos Belitung, Suharli

POSBELITUNG, MANGGAR - Tiga hari menjelang Lebaran, Pedagang janur kelapa dan ketupat musiman mulai membuka lapaknya di beberapa tempat di kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Walek (40) satu diantara penjual janur kelapa  musiman untuk membuat ketupat mengaku sudah tiga tahun berjualan janur kelapa dan kulit ketupat.

"Satu ikat janur dijual Rp 25 ribu, sedangkan untuk satu ikatan kecil 25 janur Rp 10 ribu," ujar walek kepada posbelitung, (12/6/2018).

Walek mengatakan janurnya didatangkan dari daerah Tanjung Kelumpang, karena di daerah sana masih banyak pohon kelapanya, sedang untuk satu buah kulit ketupat dijual seharga Rp 1.000.

Warga desa Kurnia jaya tersebut juga menyampaikan tahun ini hanya melayani penjualan janur kelapa saja. Ia sudah membuka lapaknya sejak hari senin, (11/6) lalu. Peminatnya pun datang dari berbagai kecamatan yang ada di Belitung Timur.

Berbeda dengan Tini (60) yang menjual kulit ketupat dipasar Lipat Kajang, untuk sebuah ketupat ia menjual seharga Rp. 1.500 per buah, sedangkan untuk ketupat isi yang sudah matang dijualnya Rp. 3.000  per buah.

"Nyari janur ketupatnya sekarang agik sulit, apa lagi cari daun yang bagus, tahun lalu jual hanya Rp 1.000 pe rbuah," ujar Tini yang juga berdagang musiman di pasar lipat kajang.

Tini sendiri hanya melayani pembelian pesanan, setiap hari, ia bisa melayani 300-400 buah dengan dibantu suaminya. Di bulan ini juga menjadi berkah bagi keluarganya sebagai uang tambahan di hari raya 

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help