Berminat Jadi Anggota KPU? Berikut Jadwal Pendaftaran dan Tahapan Seleksi KPU Kabupaten/Kota

Dalam tahap pertama, Timsel akan meneliti administrasi pendaftar. Proses ini akan berlangsung pada 19 Juli sampai 23 Juli.

Berminat Jadi Anggota KPU? Berikut Jadwal Pendaftaran dan Tahapan Seleksi KPU Kabupaten/Kota
www.krakatauradio.com
Ilustrasi foto KPU 

Laporan Wartawan Bangkapos, Yudha Palistian

POSBELITUNG.COM,  BANGKA -- Pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Kabupaten dan Kota periode 2018-2023 bakal dibuka mulai 4 Juli mendatang.

Setidaknya ada tiga tahapan seleksi yang harus dilalui para calon dalam rekrutmen tersebut.

"Kita secara garis besar membagi seleksi jadi tiga tahapan. Saat ini kita ada tahapan pertama, masa pendaftaran 4 Juli hingga 12 Juli mendatang ," ucap Ketua Tim Seleksi, Arka'a kepada bangkapos.com, Kamis (28/6/2018) di KPU Provinsi Babel.

Timsel akan mensosialisasikan informasi pendaftaran ini ke beberapa daerah. Sehingga, banyak warga yang bakal mendaftarkan diri.

Dalam tahap pertama, Timsel akan meneliti administrasi pendaftar. Proses ini akan berlangsung pada 19 Juli sampai 23 Juli.

"Kemudian pengumuman penelitian administrasi dijadwalkan. Jadi itu tahap pertama," kata arka'a

Kemudian tahap kedua terdiri dari beberapa kegiatan, yakni tes tertulis dengan metode CAT pada 24 Juli dan tes kesehatan serta tes psikologi pada 26 Juli hingga 1 Agustus.

Setelah nama yang lolos seleksi di tahap kedua diumumkan, Timsel berharap masyarakat turut berpartisipasi dalam memberikan masukan.

"Karena masalah integritas dan independen itu kita harapkan partisipasi masyarakat luas, masukan itu bisa melalui email, surat ke alamat sekretariat atau melalui pesan singkat," jelas Arka'a.

Terakhir, tahap ketiga dimulai pada 8 Agustus. Arka'a mengatakan, pada tahap ini bakal ada tes kesehatan lanjutan.

"Bagian terpenting di tahap ketiga yakni wawancara. Jadwal wawancara bagi calon anggota KPU dilaksanakan pada tanggal yang berbeda.

"Tanggal 15 - 23 Agustus ," jelasnya.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved