Piala Dunia 2018

Ternyata Ada “Perwakilan” Indonesia di Piala Dunia Rusia, Siapakah Mereka?

Walaupun tidak terdaftar dalam Piala Dunia, Indonesia ternyata tetap mengirimkan perwakilan-perwakilannya di Rusia.

Ternyata Ada “Perwakilan” Indonesia di Piala Dunia Rusia, Siapakah Mereka?
ilustrasi 

POSBELITUNG.CO  – Meski 80 tahun silam terdaftar sebagai tim Asia pertama yang berlaga di Piala Dunia, sayangnya Indonesia kembali dicoret dari kualifikasi turnamen sepakbola terbesar di dunia ini.

Hal ini disebabkan oleh sanksi FIFA kepada PSSI sehingga tidak diizinkan berpartisipasi dalam kursus-kursus kepelatihan, seminar, atau workshop AFC atau FIFA.

Walaupun tidak terdaftar dalam Piala Dunia, Indonesia tetap mengirimkan perwakilan-perwakilannya di Rusia.

Salah satu yang paling mengesankan adalah semakin digemarinya bahasa Indonesia di Rusia. Terbukti dengan adanya dua universitas sudah mengajarkan bahasa Indonesia. Kazan University, misalnya.

torabika

Selanjutnya, Masjid Biru Sankt Peterburg yang erat hubungannya dengan Presiden Soekarno. Bangunan itu memiliki kubah biru dengan gaya arsitektur Asia Tengah.

Dilansir dari Russia Beyond, di bawah pemerintahan komunis Uni Soviet, seluruh masjid dan gereja di seluruh negeri beralih fungsi menjadi gudang dan beragam kegunaan lain. Masjid Biru, salah satunya, dijadikan gudang sejak Perang Dunia II.

Setelah kunjungannya ke masjid tersebut, Soekarno kemudian meminta Nikita Khrushchev, sang pemimpin Soviet untuk mengembalikan fungsi masjid.

Berkat permintaan Soekarno itulah setiap hari Jumat, masjid ini penuh oleh umat Islam yang menunaikan ibadah salat Jumat.

Torabika

Kuliner Indonesia juga cukup populer di Rusia. Salah satunya adalah produk kopinya yang sangat digemari di sana. Indonesia menduduki peringkat Ke-4 dunia sebagai Negara penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik, maka tidak heran jika orang Rusia sangat menggemari produk kopi Indonesia.  

Salah satu produk yang disukai oleh anak-anak muda Rusia adalah kopi Torabika Cappucino. Rasa cappuccino yang authentic dengan Creamy foam-nya yang tebal dan choco granule dari cokelat asli yang dimiliki oleh Torabika Cappuccino  ternyata sangat disukai oleh anak-anak muda Rusia.

Jadi tidak heran jika Torabika Cappuccino sangat mudah ditemukan di mini mart atau toko-toko di seputaran Rusia.

Bahkan Torabika Cappucino ini sudah ikut serta dalam pameran ProdExpo sejak tahun 2016, yaitu pameran produk makanan terbesar di Rusia dan Eropa Timur.

Bangga kan jadi orang Indonesia yang punya produk kopi mendunia?

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help