Subsidi Solar Rp2000 Per Liter, Tunggu Penetapan dari Kementrian ESDM

Penerapan tambahan subsidi jenis solar akan diterapkan tahun ini, setelah diumumkan secara resmi oleh Kementerian ESDM

Subsidi Solar Rp2000 Per Liter, Tunggu Penetapan dari Kementrian ESDM
KOMPAS.COM/ HADI MAULANA
Ilustrasi: Pelanggan BBM jenis Premium mengantri di salah satu SPBU di Kepulauan Riau. 

POSBELITUNG.CO - Kementerian Keuangan mengungkapkan pihaknya sudah menyetujui besaran tambahan subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, dari sebelumnya Rp 500 per liter jadi Rp 2.000 per liter.

Penerapan tambahan subsidi jenis solar akan diterapkan tahun ini, setelah diumumkan secara resmi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"(Skemanya) nanti tunggu penetapan dari Menteri ESDM. Sudah mulai tahun 2018," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat ditemui di gedung DPR RI, Rabu (11/7/2018).

Ketika ditanya lebih lanjut, Askolani belum bisa memastikan kapan besaran subsidi yang baru akan diberlakukan.

Perhitungan tambahan subsidi ini sudah dibahas antara Kemenkeu bersama Kementerian ESDM berikut Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka melihat neraca keuangan PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu BUMN yang dapat penugasan pemerintah di sektor energi.

Askolani menambahkan, meski ada tambahan subsidi solar jadi Rp 2.000 per liter, pemerintah hanya menerapkan mekanisme yang biasa. Mekanisme yang dimaksud tanpa harus mengubah postur APBN yang ada saat ini menjadi APBN Perubahan.

"Ya mekanisme biasa, seperti biasanya saja. Nanti disiapkan pemerintah," tutur Askolani.

Kebijakan menambahkan subsidi untuk BBM jenis solar merupakan upaya pemerintah menyikapi kenaikan harga minyak mentah yang lebih tinggi dari asumsi makro dalam APBN 2018. Penambahan subsidi juga dilakukan guna menjaga kondisi keuangan Pertamina tetap baik meski ada kenaikan minyak dunia dan mendapat penugasan pemerintah.

Kementerian ESDM sebelumnya memastikan tidak akan ada kenaikan harga BBM bersubsidi hingga tahun 2019. BBM bersubsidi yang dimaksud adalah jenis premium dan solar.

 
//
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help