Harga Telur Ayam Naik di Belitung Terjadi Sejak Sepekan

Harga telur ayam di Pasar Tanjungpandan mengalami kenaikan hingga Rp 2.000,- per butir sudah terjadi sejak sepekan

Harga Telur Ayam Naik di Belitung Terjadi Sejak Sepekan
Pos Belitung/Disa Aryandi
Jontiar Hutapea 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Bidang Usaha Pedagangan, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Jontiar Hutapea mengatakan kondisi harga telur ayam di Pasar Tanjungpandan mengalami kenaikan hingga Rp 2.000,- per butir sudah terjadi sejak sepekan lalu. 

Kondisi naiknya harga tersebut, bukan hanya terjadi di Negeri Laskar Pelangi, namun secara nasional. Biasanya di pasar Tanjungpandan telur yang dipasarkan oleh pedagang hanya Rp 1.500,- perbutir.

"Iya sudah naik, dan itu terjadi sejak seminggu belakangan inilah. Biasanya Rp 1.500,- perbutir, dan kenaikan ini terjadi didaerah - daerah lain juga," kata Jontiar kepada posbelitung.co, Senin (16/7/2018).

Kenaikan harga telur ayam ini, lantaran ada salah satu pakan ayam tersebut tidak boleh lagi dipergunakan alias dilarang oleh BPOM dan effect dari pakan ayam ini sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia.

"Sedangkan pakan yang lain harga nya cukup tinggi, maka dari itu harga telur ayam ikut menaik. Nah kondisi ini belum kami ketahui sampai kapan, ya orang sih tetap banyak yang beli, karena telur ayam ini sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari," ujarnya.

Telur ayam yang dipasarkan di Belitung, 60 persen didatangkan dari Palembang dan Bangka, sedangkan 40 persen merupakan telur lokal. Namun buat kondisi harga antara kedua telur tersebut, sama.

"Tapi dari segi kualitas, telur ayam lokal lebih bagus, karena dalam satu rak itu biasanya tidak ada yang busuk. Nah kalau yang dari luar itu, biasanya dalam satu rak telur ada empat sampai lima butir yang busuk," bebernya.

Kata Jontiar, konsumsi telur ayam di Kabupaten Belitung, khusus buat satu pekan mencapai 100.000 butir. 40.000 butir telur ayam di antaranya merupakan produksi lokal. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help