Rahmah Azhari Tak Bisa Mundur jadi Caleg, Ini Penjelasan KPU Babel

Artis cantik Rahmah Syahidah atau dikenal dengan Rahmah Azhari dikabarkan mundur sebagai caleg DPRD Babel dari Partai Hanura, Dapil Pangkalpinang.

Rahmah Azhari Tak Bisa Mundur jadi Caleg, Ini Penjelasan KPU Babel
instagram
Rahmah Azhari 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

POSBELITUNG.CO-- Artis cantik Rahmah Syahidah atau dikenal dengan Rahmah Azhari dikabarkan mundur sebagai caleg DPRD Babel dari Partai Hanura, Dapil Pangkalpinang.

Mundurnya Rahmah Azhari ini disampaikan oleh Ketua DPD Hanura Babel, Haryadi kepada bangkapos.com, Rabu (18/7/2018).

Haryadi mengatakan, Rahmah Azhari melalui juru bicaranya sudah menyampaikan pengunduran diri via telpon. Tapi secara resmi surat pengunduran dirinya belum disampaikan.

“Juru bicaranya sudah menghubungi kita bahwa Rahmah menarik diri sebagai caleg Hanura. Kita tidak tahu permasalahannya seperti apa di pusat,” kata Haryadi.

Ketua KPU Propinsi Bangka Belitung, Davitri mengatakan hingga saat ini belum mendapat kabar bila ada salah satu caleg yang mengundurkan diri dari pencalonan.

Pengunduran diri secara langsung tersebut kata Davitri tidak bisa dilakukan caleg. Para politik yang mendaftarkan calegnya ke KPU harus serius dan tidak bisa menarik berkas atau mundur begitu saja.

“Sampai saat ini kita belum mendengar ada caleg yang mau mengundurkan diri. Diaturan KPU tidak mengenal mengundurkan diri langsung seperti itu. Kita proses dulu berkasnya, kalau nanti berkasnya tidak lengkap dan diminta perbaikan tidak juga menyerahkan berkas maka caleg tersebut tidak memenuhi syarat,” ujar Davitri.

Pengunduran diri caleg atau pengurangan caleg berpengaruh besar pada kuota di dapil caleg terkait.

Bila dengan Rahmah Azhari dari Partai Hanura Dapil I Pangkalpinang tidak banyak berpengaruh.

“Kalau kekurangan itu menyebabkan kuota perempuannya kurang dari 30 persen, wajib untuk mengganti dengan yang baru. Tapi kalau kuotanya tidak kurang dari 30 persen masih bisa,” ujar Davitri.

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved