Penyakit Thalassemia Masih Menempati Urutan Pertama Kunjungan Rawat Inap

Penyakit thalassemia masih menduduki rekap 10 penyakit besar dengan kunjungan rawat inap terbanyak di RSUD

Penyakit Thalassemia Masih Menempati Urutan Pertama Kunjungan Rawat Inap
Zee News - India.com
Ilustrasi Thalassemia 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

POSBELITUNG.CO - Penyakit thalassemia masih menduduki rekap 10 penyakit besar dengan kunjungan rawat inap terbanyak di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang.

Pada bulan mei 2018, jumlah kunjungan penyakit tersebut sebanyak 39 kunjungan. Sedangkan pada bulan april, tercatat 44 kunjungan pasien yang datang berobat pada rentang usia satu hingga 24 tahun.

Kasi rekam medis RSUD Depati Hamzah, Yuliza mengatakan penyakit Thalassemia, pasien harus melakukan transfusi darah secara teratur. Sehingga penyakit tersebut memang masih menempati urutan pertama kunjungan rawat inap terbanyak.

"Untuk rawat inap, pasien paling banyak yaitu thalassemia atau pembekuan darah bawaan dari lahir," ujar Yuliza, Jumat (20/7/2018).

Pada pemberitaan Bangka Pos sebelumnya, Thalassemia merupakan penyakit gangguan darah yang pengaruh besarnya ke hemoglobin. Jenis thalassemia antara lain minor, mayor dan intermediate.

Thalassemia minor bisa terjadi tanpa adanya gejala. Seseorang bisa saja tampak sehat dan secara fisik tidak pucat. Namun apabila seseorang menikah dengan pembawa gen atau carriage, maka memiliki manifestasi penyakit thalassemia diturunkan pada anak.

Untuk thalassemia mayor diturunkan dari kedua orangtua yang memiliki carriage. Sehingga kedua pembawa minor tersebut akan menurunkan penyakit thalassemia mayor.

Namun ada persentase untuk penurunan bawaan gen ini. Akan ada satu anak yang menurunkan thalassemia mayor. 50 persen sebagai carriage dan satu tidak memiliki carriage atau diturunkan.

Penanganan untuk penderita thalassemia yaitu dengan rutin melakukan transfusi darah. Dilakukan sebulan sekali atau tergantung kondisi penderita yang bisa sampai dua minggu sekali.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help