Kisah Cinta Bung Karno dan Fatmawati hingga Mimpi Pedang Putih saat Hamil

Tulisan berikut ini dicukil dari Buku Fatmawati Catatan Kecil Bersama Bung Karno yang ditulis oleh Fatmawati

Kisah Cinta Bung Karno dan Fatmawati hingga Mimpi Pedang Putih saat Hamil
VIA Intisari online
Bung Karno 

POSBELITUNG.CO - Tulisan berikut ini dicukil dari Buku Fatmawati Catatan Kecil Bersama Bung Karno yang ditulis oleh Fatmawati, diterbitkan oleh Sinar Harapan, 1983.

Cukilan bukunya pernah dimuat di Majalah HAI edisi 20-IX-1985, dengan judul asli Pengalaman Otentik dari Istana Negara.

Hingga kini, memang belum banyak kita temukan buku yang berbentuk otobiografi tokoh wanita.

Buku biografi para pejuang wanita memang ada kita temukan, tetapi khusus mengenai otobiografi benar-benar sangat langka.

Buku Fatmawati Ini termasuk yang menarik perhatian, karena ia merupakan otobiografi, kenang-kenangan beliau semenjak kanak-kanak hingga memasuki Istana Negara di Jakarta, dan kemudian keluar dari Istana atas suatu prinsip yang dianutnya.

Dan itu semua dicatatnya dalam bentuk tulisan yang bisa kita telusuri seperti kita menyusuri sebuah bentangan jalan.

Hampir dapat dipastikan bahwa bagi masyarakat kita yang telah berusia sekitar 20 tahun kini telah mengenai Fatmawati Ibu Negara Rl (Pertama).

Beliau dilahirkan di Bengkulu pada Senin, 5 Februari 1923, puteri pertama Hassan Din. Ibunya Siti Chadijah. Mereka hidup secara sederhana di kota Bengkulu, yang waktu itu merupakan karesidenan daiam kawasan Sumatera Selatan.

Sebagai karyawan Borsumny (Borney — Sumatra Ulaatschapy) memang kehidupan keluarga ini tidaklah kekurangan, tetapi jelas mereka bukanlah keluarga berada. Tetapi Hassan Din sendiri adalah orang yang terpandang di Bengkulu karena ia tokoh pergerakan Muhammadiyah.

Sebenarnya sejak kecil itu, Ibu Fatmawati telah diramalkan (saat itu usianya 4 tahun, tahun 1927), bahwa ia akan menjadi seorang istri orang besar Indonesia, walau mereka sendiri tidak percaya.

Halaman
1234
Editor: edy yusmanto
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved