Verifikasi Perbaikan Berkas Bacaleg Telah Rampung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang telah merampungkan tahapan verifikasi perbaikan berkas bacaleg

Verifikasi Perbaikan Berkas Bacaleg Telah Rampung
(BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN)
Ketua KPU Pangkalpinang M. Yusuf 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Yudha Palistian

POSBELITUNG.CO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang telah merampungkan tahapan verifikasi perbaikan berkas bakal calon anggota legislatif Pemilu 2019.

"Sudah selesai semuanya, terutama untuk partai yang banyak calonnya," ucap Ketua KPU Pangkalpinang, M. Yusuf kepada Bangkapos,  Rabu (8/8).

Proses verifikasi perbaikan berkas dimulai pada 1 Agustus hingga 7 Agustus 2018. Sesudah itu, KPU akan memulai tahapan penyusunan daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif pada 8-12 Agustus 2018. 

Yusuf pun mengutarakan sejauh ini dari hasil verifikasi perbaikan berkas total 423 bacaleg hampir keseluruhannya diterima.

KPU juga akan memanggil partai politik untuk menandatangani DCS yang sudah diverifikasi. Namun, parpol sudah tidak bisa mengganti berkas bacaleg

Namun, pihak KPU Pangkalpinang sejauh ini belum menyusun DCS yang sudah diverifikasi sebab masih menunggu Format penyusunan dari KPU RI.

Yusuf pun menambahkan, tidak bisa memperkirakan format tersebut akan selesai kapan.  Sebab harus menunggu kebijakan dari KPU Pusat.

"Kita juga akan panggil parpolnya untuk memberikan paraf hasil DCS yang sudah diverifikasi. Tapi di masa itu sudah tidak boleh lagi ada penggantian berkas," ujarnya.

DCS calon anggota legislatif akan diumumkan pada 12-14 Agustus 2018. KPU memastikan akan membuka akses DCS kepada masyarakat. 

Penulis: Yudha Palistian
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help