Pencairan Dana Desa 2018 Lebih Cepat Dibanding Tahun Sebelumnya

Kepala BPKAD Kabupaten Belitung Jayusman mengatakan pencairan Dana Desa (DD) sudah masuk tahap III

Pencairan Dana Desa 2018 Lebih Cepat Dibanding Tahun Sebelumnya
ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung Jayusman mengatakan pencairan Dana Desa (DD) sudah masuk tahap III.

Menurutnya untuk DD tahap III tahun anggaran 2018 pada dasarnya sudah bisa dicairkan oleh 42 desa di Kabupaten Belitung. Tetapi pihaknya masih akan melihat laporan realisasi tahap sebelumnya.

"Sekarang kan DD ini dibagi III tahap, kalau kami lihat sebenarnya untuk tahap III ini sudah bisa dicairkan ke KPPN bulan sekarang. Tapi kami masih melihat realisasi tahap II dulu," ujarnya saat ditemui posbelitung.co, Kamis (9/8/2018).

Ia mengatakan untuk proses pencairan DD tahap II, seluruh desa sudah mencairkan sampai Juli 2018 lalu.

Dirinya menilai proses pencairan khusus DD tahun 2018 lebih‎ cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan dirinya memperkirakan pencairan DD tahap III tidak akan sampai Desember 2018.

"Tahun ini lebih lengang sedikit dan saya kira tidak akan Desember tahap III ini. Biasanya memang Desember desa ini baru mengajukan pencairan," katanya.

Jayusman menambahkan sekarang ini terdapat konsekuensi terkait DD. Dalam artian, jika pemda dalam hal ini BPKAD sudah menarik dana pusat masuk ke Kas Daerah (Kasda), paling lambat seminggu sudah harus disalurkan ke Kas Desa.

Jika tidak, secara otomatis BPKAD akan dikenakan stretching dari KPPN melalui tim monitoring Dirjen Perben.

"Tapi kami di sini menyampaikan apa adanya karena memang selalu telat. Karena untuk mencairkan dana tersebut, desa harus melampirkan berbagai persyaratan," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved