Home »

Lokal

Ini Komentar Kejari Belitung Terkait Putusan MK

Sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belitung Tahun 2018 yang diajukan oleh pihak pemohon yaitu pasangan nomor urut 2 terhadap

Ini Komentar Kejari Belitung Terkait Putusan MK
Pos Belitung/Disa Aryandi
BUPATI Belitung Sahani Saleh bersalaman bersama Kajari Belitung Sekti Anggraini usai penandatanganan MoU. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - ‎Sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belitung Tahun 2018 yang diajukan oleh pihak pemohon yaitu pasangan nomor urut 2 terhadap pihak termohon yaitu KPU Kabupaten Belitung yang dikuasakan kepada Tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) pada Kejari Belitung akhirnya mencapai babak akhir.

Hasilnya, KPU Kabupaten Belitung dengan kuasa hukum JPN Kejari Belitung memenangkan persidangan ‎dengan putusan Nomor : 24/PHP.BUP/XVI/2018 tanggal 10 Agustus 2018.

"‎Inilah pelaksanaan tugas dan fungsi JPN dalam pemberian Bantuan Hukum Litigasi yang dilaksanakan dengan profesional dan proporsional untuk mewakili kepentingan negara dan pemerintah sesuai Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan‎," ujar Kajari Belitung Sekti Anggraini saat dihubungi posbelitung.co, Jumat (10/8/2018).

‎Adapun pertimbangan MK mengambil keputusan tersebut adalah meskipun pemohon adalah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung Pilkada 2018, namun pemohon tidak memenuhi ketentuan pengaduan permohonan sebagaimana dimaksud dalam pasal 158 ayat 2 huruf a Undang-Undang Pilkada dan pasal 7 ayat 2 huruf a Peraturan MK Nomor 5 tahun 2017.

Sehingga pemohon tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan dalam perkara tersebut dengan demikian eksepsi termohon dan pihak terkait bahwa pemohon tidak memiliki kedudukan hukum beralasan menurut hukum dan menerima eksepsi termohon dalam hal ini KPU Kabupaten Belitung.

"Sebenarnya ini bukan masalah menang atau kalah. Kami memandangnya sebagai pelaksanaan tugas dan fungsi Kejaksaan yang tidak begitu terlihat selama ini yaitu peran JPN untuk mewakili kepentingan negara atau pemerintah. Alhamdulillah kami melaksanakan nya dg sinegitas yg baik yaitu JPN dengan pihak termohon (KPU)‎," kata Sekti.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help