Petani Lada di Belitung Terkendala Penyakit Kuning

Salah satu kendala petani lada di Kabupaten Belitung adalah penyakit kuning, yakni busuk pada pangkal batang

Petani Lada di Belitung Terkendala Penyakit Kuning
Istimewa
Seorang warga memetik buah lada di kebun lada milik Suhami di Desa Perlang Kecamatan Koba, Bangka Tengah 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Salah satu kendala petani lada di Kabupaten Belitung adalah penyakit kuning, yakni busuk pada pangkal batang. Hingga kini belum ada solusi bagi petani sehingga membuat produksi lada belum maksimal.

Petani sejauh ini hanya bisa melakukan pencegahan, dan belum menemukan obat untuk mengatasi penyakit tersebut. Hal ini diperparah musim kemarau dan kurangnya pasokan air kurang 

"Kendala kami itu sebetulnya sekarang. Sampai sekarang belum ada solusi, dan kami hanya bisa melakukan pencegahan saja, karena penyakit seperti itu tidak bisa di obati. Apalagi penyakit seperti ini, gejala awal tidak terlihat," kata Ketua Kelompok Tani Maju Desa Simpang Rusa, Janawi kepada Pos Belitung.co, minggu (12/8/2018).

Janawi, melakukan penanaman lada sekitar 1000 pohon dan satu pohon lada bisa menghasilkan 1 kilogram (kg) lada kering. Mereka belum bisa melakukan produksi lada pada satu pohon lebih dari 1 Kg.

"Itu lah memang maksimal, kalau pupuk sekarang kami menggunakan organik campur MPK. Sejauh ini memang kami belum menggunakan pupuk kompos, karena bahannya susah," ujarnya (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved