Home Travel

Pesona Pulau Sumba yang Miliki Air Terjun dan Kolam Pemandian Bidadari

Di Sumba Timur, salah satu air terjun dengan pemandangan yang luar biasa adalah Air Terjun Wai Marang

Pesona Pulau Sumba yang Miliki Air Terjun dan Kolam Pemandian Bidadari
Kompas.com/Silvita Agmasari
Air Terjun Wai Marang di Sumba Timur. 

POSBELITUNG.CO - Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur punya banyak air terjun yang terkenal cantik.

Di Sumba Timur, salah satu air terjun dengan pemandangan yang luar biasa adalah Air Terjun Wai Marang di Desa Wai Marang.

"Air terjunnya kecil saja kakak, tapi kolamnya lebar airnya biru, seperti kolam pemandian bidadari," kata warga lokal, Oktavianus Ae Dudu saat KompasTravel mengunjungi Wai Marang yang menjadi bagian dari acara kunjungan KFC Indonesia dan Komunitas 1.000 Guru di Sumba, NTT, Jumat (17/8/2018).

Untuk menuju Air Terjun Wai Marang, butuh perjalanan dua jam berkendara dari Waingapu, Sumba Timur.

Sampai di lahan parkir, ada jasa pemandu untuk membantu perjalanan wisatawan. Maklum, jarak dari lahan parkir ke Air Terjun Wai Marang sekitar satu kilometer.

Jalur trekking menuju Air Terjun Wai Marang di Sumba Timur, NTT.Kompas.com/Silvita Agmasari Jalur trekking menuju Air Terjun Wai Marang di Sumba Timur, NTT.

Jalurnya curam, menurun, dan jika hujan jalanan licin.

Erikson (13) dan kakaknya, penemu Air Terjun Wai Marang, siap sedia di warung lahan parkir jika ada wisatawan yang ingin dipandu menuju air terjun.

Perjalanan menuju air terjun yang melelahkan pada akhirnya akan terbalas ketika sampai. Benar kata warga lokal Oktavianus alias Ae, air terjun ini bentuknya seperti gambaran kolam mandi bidadari yang selendangnya dicuri Jaka Tarub.

Air terjunnya berdinding bebatuan, dengan tiga tingkatan air terjun. Air terjun pertama memiliki ukuran paling kecil, tingkatan kedua paling lebar sekitar tujuh meter, dan tingkatan terakhir sekitar tiga meter.

Halaman
12
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved