Menikmati Kuliner Khas Belitung di Kedai 46 Tempat Aktivis Berkumpul

Mi belitung ini khas karena disajikan dengan daun simpor. Daun ini selalu dipakai orang-orang Belitung untuk membungkus apa saja

Menikmati Kuliner Khas Belitung di Kedai 46 Tempat Aktivis Berkumpul
KOMPAS.com/JESSI CARINA
Mi belitung dan es jeruk kunci dari Kedai 46 di Tanjung Pandan, Belitung, Rabu (5/9/2018). 

POSBELITUNG.CO - Jika Anda berlibur ke Belitung, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas daerah tambang timah itu.

Di Jalan Sudirman, Tanjung Pandan, terdapat kedai bernama Kedai 46 yang berada satu lokasi dengan Radio BFM.

Pemiliknya, Ozzie Azura Zura, menyajikan berbagai menu khas Belitung di kedainya itu. Kompas.com mencoba salah satu makanan legendaris daerah ini yaitu mi belitung dan es jeruk kunci.

"Mi belitung ini khas karena disajikan dengan daun simpor. Daun ini selalu dipakai orang-orang Belitung untuk membungkus apa saja, sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat," ujar Ozzie di kedainya, Rabu (5/9/2018).

Mi belitung memang khas. Mi ini direbus dan disiram dengan kuah udang yang kental nan gurih. Ada sedikit rasa manis ketika kuahnya dicicipi. Mi tersebut kemudian ditambah dengan udang, potongan tahu, dan emping.

Ozzie mengatakan mi ini adalah salah satu yang menjadi favorit. Biasanya pembeli memesan es jeruk kunci sebagai teman makan mi belitung ini.

Jeruk kunci menjadi salah satu buah khas Bangka. Ketika dibuat jadi es, rasanya asam tetapi menyegarkan. Kata Ozzie, buah ini punya khasiat menurunkan kolesterol.

"Kalau ke tempat oleh-oleh, pasti banyak yang jual jeruk kunci ini. Karena memang khasiatnya besar untuk menurunkan kolestrol," kata dia.

Selain mi belitung, banyak makanan khas Belitung lain yang dijual di kedai ini. Seperti gangan darat daging (sup ikan ala belitung), sate ikan, dan sop kepiting.

Kedai Mi 46, Belitung.ICHWAN CASANI / WARTA KOTA Kedai Mi 46, Belitung.

Tempat kumpul aktivis

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help