Keindahan Tersembunyi di Balik Batu Pulau Kelayang Belitung

Keindahan yang tersembunyi di balik batu seolah menyaksikan tempat pemandian pribadi para bidadari yang berada di kedalaman pulau

Keindahan Tersembunyi di Balik Batu Pulau Kelayang Belitung
KOMPAS.com/JESSI CARINA
Pulau Kelayang di Belitung, Kamis (6/9/2018). 

POSBELITUNG.CO - Apa yang biasa kalian lakukan ketika berkunjung ke sebuah pulau? Jawaban paling banyak adalah bermain-main di tepi pantainya sambil menikmati deburan ombak.

Namun, cobalah untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi jika sedang berlibur ke Pulau Kelayang di Belitung. Kompas.com berkunjung ke pulau itu ketika mengikuti kegiatan media trip bersama PAM Jaya, Kamis (6/9/2018).

Awalnya, kami sudah cukup puas bermain-main di tepi pantai. Seperti pantai-pantai lain di Belitung, pasirnya berwarna putih dan lembut ketika mengenai kaki. 

Airnya biru cerah dan ombaknya tidak tinggi. Pulau ini berdekatan dengan Pulau Garuda.

Kita bisa berpindah dari Pulau Kelayang ke Pulau Garuda dengan begitu mudahnya. Susunan tak beraturan batu-batu raksasa membuat pemandangan dari tepi pantai Pulau Kelayang terlihat begitu menakjubkan.

Saat sedang asyik-asyiknya menikmati pantai, pemandu wisata kami, Dody, mengajak kami untuk masuk ke dalam pulau.

"Kita akan pergi ke Gua Kelayang," kata Dody.

Kolam kecil yang berada di dalam Pulau Kelayang Belitung, Kamis (6/9/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Kolam kecil yang berada di dalam Pulau Kelayang Belitung, Kamis (6/9/2018).

Dody pun berjalan ke dalam pulau dengan bertelanjang kaki. Di hadapan kami, pemandangan Pulau Kelayang bukan lagi laut biru. Namun diganti dengan hamparan hijau dari pohon-pohon lebat yang tumbuh di pulau itu.

Kami berjalan naik dan turun menyesuaikan medan jalan. Jalannya berupa tanah dan banyak akar-akar pohon yang menghalangi langkah kita.

Semakin dalam, jalanannya semakin sempit. Medannya semakin terjal.

Batu-batu besar menghalangi membuat kami harus memanjat sedikit demi sedikit batu itu. Namun, perjalanan singkat itu terbayar ketika kami sampai di sebuah bibir batu tinggi.

Di depan kami, terdapat batu-batu raksasa tersusun sedemikian rupa. Di bawahnya, air laut jernih dengan dasar pasir putih dan bebatuan siap bermain-main dengan kami.

"Ini lah Goa Kelayang, surga tersembunyi di pulau ini," ujar Dody.

Pulau Kelayang berdampingan dengan Pulau Garuda. Di dalam Pulau Kelayang terdapat hutan kecil yang diairi sungai hingga ke dalam goa.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pulau Kelayang berdampingan dengan Pulau Garuda. Di dalam Pulau Kelayang terdapat hutan kecil yang diairi sungai hingga ke dalam goa.

Lebih tepatnya, keindahan yang tersembunyi di balik batu. Melihat pemandangan itu seolah menyaksikan tempat pemandian pribadi para bidadari yang berada di kedalaman pulau. Begitu sepi dan tenang.

"Ini sebenarnya tidak seperti goa, tetapi hanya susunan batu yang membentuk semacam kolam kecil saja," kata Dody.

Bermain-main di kolam kecil itu sungguh menyenangkan. Kedalamannya tidak begitu tinggi. Kami bisa berjalan-jalan santai sambil berendam di kolam tersembunyi itu.

Dody mengatakan Pulau Kelayang ini adalah pulau tak berpenghuni. Tidak ada warga yang tinggal di pulau itu.

"Mereka hanya ke sini kalau siang untuk melayani wisatawan, kalau malam pulang lagi," ujar Dody.

Kolam yang ditunjukan Dody pun menjadi daya tarik sendiri di Pulau Kelayang. Meskipun, masih banyak lagi hal menarik yang bisa ditemukan di pulau-pulau yang ada di Belitung ini...

Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help