KPU Belitung Hapus 162 DPT Ganda

Penetapan ini dilakukan usai menggelar rapat pleno terbuka penetapan DPT hasil perbaikan di kantor KPU Belitung pada Rabu (12/9/2018).

KPU Belitung Hapus 162 DPT Ganda
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Divisi Data KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar saat ditemui posbelitung.co pada Rabu (12/9/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung menetapkan 121.994 daftar pemilih tetap (DPT) dari sebelumnya berjumlah 122.156 DPT,  sehingga ada pengurangan 162 data dari 335 DPT ganda.

"DPT ganda jumlah 335 ini ganjil karena ada satu orang yang memiliki NIK dan tanggal lahir berbeda tetapi namanya sama. Setelah kami telusuri dan verifikasi, data kami cocokkan dengan KK dan e-KTP lalu disimpulkan dengan nama, tanggal lahir dan NIK yang benar sehingga dua datanya memenuhi syarat (MS)," kata Divisi Data KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar.

"Juga dalam verifikasi di Pulau Gersik kami menemukan nama berbeda tetapi NIK dan tempat tanggal lahir sama, tapi setelah dicek ternyata tidak ada keberadaannya sehingga keduanya kami buat tms (tidak memenuhi syarat)," imbuh Aris.

Penetapan ini dilakukan usai menggelar rapat pleno terbuka penetapan DPT hasil perbaikan di kantor KPU Belitung pada Rabu (12/9/2018).

Rapat ini dilakukan berdasarkan surat edaran KPU RI Nomor 1033/PL01.2-SD/01/KPU/IX/2018 yang keluar pada 7 September 2018 lalu tentang penyempurnaan atau
pencermatan.

Juga dilakukan berdasarkan rekomendasi Bawaslu (badan pengawas pemilu) DPT bersih sebagai persiapan pemilu 2019.

Ia menjelaskan setelah rapat pleno ini kemudian akan dibawa ke KPU provinsi yang dilanjutkan rapat pleno Kamis (13/9/2018).

Selanjutnya dibawa ke KPU RI pada 16 September, lalu data hasilnya akan dipublikasikan ke PPK dan PPS untuk diumumkan ke masyarakat.(*)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved