Mengenal Tungau Wajah: Tinggal dan Berkembang Biak di Wajah Manusia, Berbahayakah?

Ada lo hewan menjijikan yang tinggal di wajah kita dan berkembang biak,namun kita tidak bisa melihatnya karena ukurannya sangat kecil.

Mengenal Tungau Wajah: Tinggal dan Berkembang Biak di Wajah Manusia, Berbahayakah?
BBC
Tungau Wajah 

POSBELITUNG.CO-- Setiap hari kita bertemu dengan berbagai jenis hewan baik yang ukurannya besar maupun kecil, mulai dari yang menjijikan hingga yang menggemaskan.

Ada juga lo hewan menjijikan yang tinggal di wajah kita dan berkembang biak di sana namun kita tidak bisa melihatnya karena ukurannya yang sangat kecil.

Dilansir dari makasar.tribunnews.com, mereka adalah tungau mikroskopis, berkaki delapan yang mirip dengan laba-laba.

//

Mereka melakukan berbagai aktivitasnya di atas permukaan wajah, mulai dari makan, berkembang biak hingga mati, namun jangan khawatir, hewan tersebut tidak berbahaya.

Ada dua jenis tungau yang berkembang biak pada wajah yaitu Demodex folliculorum dan Demodex brevis.

Mereka merupakan hewan arthropoda, kelompok hewan bersendi, berkaki seperti kepiting atau serangga, mereka juga kerabat dari laba-laba dan kutu, terdengar seram ya?

Lebih tepatnya, hewan ini memiliki delapan kaki pendek dan gemuk di dekat kepalanya dan tubuhnya memanjang seperti cacing.

Jika dilihat dengan mikroskop, mereka tampak sedang berenang-renang di minyak yang berada di wajah kita dan bergerak sangat cepat lo.

Selain di wajah, tungau ini ada di bagian tubuh manusia lainnya seperti di dada atau di area genital.

Tungau Demodex folliculorum tinggal di pori-pori kulit dan folikel rambut, sedangkan Demodex brevis lebih suka menetap di tempat yang lebih dalam yakni di kelenjar sebaceous, kelenjar di bawah kulit.

 Demodex brevis
Demodex brevis (eyestudioinc.com)

 Sebenarnya para ilmuan sudah mengetahui keberadaan tungau jenis ini pada tubuh manusia.

Tungau yang biasa terdapat pada wajah ini ditemukan pertama kali pada kotoran telinga manusia pada tahun 1842 di Prancis.

Pada tahun 2014, seorang peneliti dari North Calorina State University, Megan Thoemmes dan rekannya menemukan fakta bahwa sekitar 14% manusia memiliki tungau.

Populasinya tidak tanggung-tanggung yaitu mencapai ribuan tungau yang ada pada wajah para orang yang mereka uji.

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help