Putra Iis Dahlia Dituding Jiplak Lagu Ciptaan Tahun 2013, Langsung Minta Maaf dan Ajak Damai

Devano Danendra yang menyanyikan lagu berjudul "Ini Aku", dinilai bagian refrain-nya memiliki kemiripan dengan nada lagu Fiersa berjudul "April".

Putra Iis Dahlia Dituding Jiplak Lagu Ciptaan Tahun 2013, Langsung Minta Maaf dan Ajak Damai
Instagram/@devdanendra
Penyanyi Dangdut Iis Dahlia dan putranya, Devano Danendra 

POSBELITUNG.CO--Musisi dan juga penulis buku, Fiersa Besari, banyak dikenal lewat media sosial Twitter dan Instagram dengan pengikut ratusan ribu orang.

Pemuda asal Bandung ini telah menelurkan empat buku yang laris manis di pasaran, juga membuat puluhan lagu yang kebanyakan diunggahnya di akun YouTube miliknya.

Salah satu single dalam albumnya Tempat Aku Pulang berjudul April yang dibuat oleh Fiersa tahun 2013 lalu, baru-baru ini dikatakan oleh banyak warganet dan olehnya sendiri mirip dengan penggalan singel baru milik putra Iis Dahlia.

//

Adalah Devano Danendra yang menyanyikan lagu berjudul "Ini Aku", dinilai bagian refrain-nya memiliki kemiripan dengan nada lagu Fiersa berjudul "April".

Hal ini diungkap Fiersa lewat instagram story di akun miliknya @fiersabesari.

"Saya meminta waktu Kawan-kawan barang sejenak. Jadi, begini. Pada tahun 2013, saya membuat lagu berjudul "April". Lagu tersebut sempat booming dan hingga kini beredar bebas di internet. Mungkin, sebagian dari Kawan-kawan sudah pernah dengar lagunya. Jika belum, berikut petikan reff-nya," tulis Fiersa Besari dikutip Intisari (14/9/2018).

Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.
Instagram/@fiersabesari
Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.

Fiersa lantas mengunggah bagian reff lagu miliknya.

Informasi adanya kemiripan lagunya dengan lagu yang dinyanyikan Devano Fiersa dapatkan dari followersnya.

"Barusan, ada seorang followers yang memberi tahu bahwa ada seorang penyanyi bernama @devdanendra yang memiliki lagu mirip dengan lagu April. Saya coba dengarkan, dan menurut saya mirip. Tapi, takutnya, telinga saya yang keliru, silakan dengarkan," lanjut Fiersa Besari dalam instastorunya.

Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.
Instagram/@fiersabesari
Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.

Tak ingin polemik berlarut, Fiersa mengambil inisiatif menghubungi Devano lewat pesan instagram (DM) ke akun @devdanendra.

"Saya sudah mencoba kirim pesan, dan masih menunggu penjelasan dari pihak @devdanendra. Semoga secepatnya diklarifikasi," tulis Fiersa.

Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.
Instagram/@fiersabesari
Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.

DM dari Fiersa Besari ini pun dibalas oleh Devano beberapa saat kemudian, ia menunjukkan tangkapan layar percakapannya dengan Fiersa instagram story-nya.

Devano pun menuliskan permintaan maaf kepada Fiersa, "Mohon maaf sebesar-besarnya untuk mas Fiersa dan semua." tulis Devano.

Tangkapan layar insta story Devano.
instagram/@devdanendra
Tangkapan layar insta story Devano.

Fiersa juga memberi keterangan bahwa pihaknya dengan pihak Devano melalui manager mereka sedang membicarakan hal tersebut.

"Alhamdulilah. Terima kasih atas dukungan dan kepedulian Kawan-kawan. Manager saya sudah berhubungan dengan manager Mas @devdanendra. Semoga ada penjelasan dan penyelesaian terbaik. Redam amarah Kawan-kawan, Sabar. Slow. Dibawa enjoy. Seperti biasa. Senyum, biar kelihatan ganteng/cantiknya. Nantinya, saya update kabarnya, ya. Salam hangat,"lanjut Fiersa.

Sementara itu, netizen terpantau membanjiri kolom komentar di akun instagram miliki Devano.

Kebanyakan dari mereka juga merasa keberatan akan kemiripan lagu Devano dengan lagu milik Fiersa yang telah lebih dulu dibuat.

ramadhanierike: Nih plagiatnya @vindaahp fansnya bung pada gaterima wkwk aku jugaaak

desi.al_: Plagiat plagiat lagu april bung fiersa hhhha plagiat

tiarafitrianaaa: @rizkyalfin14 bukan salah devanonya, devano cuma nanyikan lgunya

Alih-alih ikut berprasangka buruk pada Devano, Fiersa menanggapinya dengan cara yang lebih bijak.

Ia memaklumi netizen yang mungkin ikut kesal karena lagu Devano diduga menjiplak lagunya.

Fiersa pun menyampaikan pesan kepada netizen yang biasa ia panggil "kawan-kawan" melalui instagram storinya.

"Kawan-kawan. Kesal itu manusiawi. Tapi, tidak perlu dilampiaskan sampai membuat mental seorang musikus muda drop. Saya yakin, Devano Danendra akan menjadi musikus besar. Hanya saja, terkadang, para musikus muda harus bertemu dengan halang rintang. Info sejauh ini yang saya dapat adalah, lagu yang dinyanyikan beliau dibuat oleh orang lain (yang belum saya tahu namanya).
Itu berarti, yang bertanggung jawab adalah sang pembuat lagu. Simpan energi Kawan-kawan untuk kebaikan. Bila saya, atau Devano Danendra keliru, ingatkan kami baik-baik. Kiranya, tidak perlu sampai merundung apalagi menghubung-hubungkan amarah dengan persoalan lan yang tak ada kaitannya. Redam hingga reda. Peluk hangat dari sini."

Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.
instagram/@fiersabesari
Tangkapan layar insta story Fiersa Besari.

Baik Fiersa maupun Devano memperlihatkan sikap yang sama-sama bijak. Mereka menyelesaikan persoalan dengan saling berkomunikasi dan bukan saling sindir lewat media sosial.

Devano tanpa gengsi meminta maaf, Fiersa pun tidak menunjukkan emosinya yang bisa membuat keadaan semakin panas dan malah mendukung Devano untuk jadi musisi besar nantinya. (Intisari.grid.id/Masrurroh Ummu Kulsum)

//
 
 
Editor: khamelia
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help