Dua Caleg Eks Koruptor Diusung PKPI

Keduanya adalah caleg untuk anggota DPRD kabupaten/kota, Matius Tungka dari daerah pemilihan Poso 3 dan Joni Cornelius Tondok dari Toraja Utara

Dua Caleg Eks Koruptor Diusung PKPI
ist
ilustrasi 

POSBELITUNG.CO - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI) mengusung dua calon anggota legislatif yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi. Hal ini diketahui berdasarkan data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum, Kamis (20/9/2018).

Keduanya adalah caleg untuk anggota DPRD kabupaten/kota. Mereka adalah Matius Tungka dari daerah pemilihan Poso 3 dan Joni Cornelius Tondok dari Toraja Utara

Keduanya sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2018 yang melarang mantan napi koruptor.

Namun, mereka mengajukan gugatan dan diloloskan Bawaslu. Belakangan, Mahkamah Agung juga membatalkan PKPU 20/2018 yang melarang eks napi koruptor menjadi caleg karena dianggap bertentangan dengan UU Pemilu.

Akhirnya, KPU pun meloloskan seluruh caleg eks napi koruptor yang diusung oleh parpol.

Menurut data KPU, total ada 38 caleg eks koruptor. Jumlah tersebut terdiri dari 12 caleg DPRD Provinsi dan 26 caleg DPRD Kabupaten/Kota.

//
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help