Ternyata Ini Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Selain disebabkan oleh shampo yang digunakan ketika mencuci mobil, embun pagi hingga jamur dalam body jadi penyebabnya.

Ternyata Ini Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam
Purestock
Ilustrasi mencuci mobil 

POSBELITUNG.CO - Pemilik kendaraan mungkin ada yang pernah mengalami kalau warna cat pada mobil terasa cepat kusam atau pudar. Padahal usia pemakaian belum begitu lama, yaitu antara tiga sampai lima tahun saja.

Terkadang penyebab dari pemudaran warna itu tidak disadari oleh sang pemilik. Salah satu contoh, bisa juga disebabkan karena selalu parkir di tempat terbuka dan langsung kena sinar matahari serta air hujan.

Faktor lain jika menurut Christopher Sebastian, CEO & Gounde XTO Indonesia, bisa juga disebabkan oleh shampo yang digunakan ketika mencuci mobil. Usahakan kandungan potensional hidrogen (PH) pada shampo itu jangan terlalu tinggi.

"Kalau kami anjurkan di bawah 10 PH-nya, atau 7 lebih bagus lagi, karena tidak akan merusak lapisan dari cat itu sendiri. Kalau terlalu tinggi bisa cepat merusak," ujar Christohper di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Selain itu, kata Christopher karena timbul jamur di bodi mobil. Penyebabnya, yaitu setelah dicuci, lalu malam hari terkena embun dan besok paginya mobil tidak dilap.

"Lama kelamaan bisa menimbulkan jamur, jadi lebih baik selalu merawatnya dengan baik," kata dia.

Ungkapan serupa juga dikatakan oleh Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda Jakarta Timur. Menurut dia, faktor lain ketika mencuci kendaraan usahakan di tempat teduh dan parkirkan mobil di tempat yang datar, untuk menghindari air mengendap di celah-celah tubuh kendaraan.

“Jika mencucui dibawah terik matahari dan dalam kondisi mesin panas akan menimbulkan bercak air atau busa sabun di permukaan kendaraan, yang lama kelamaan akan membuat lapisan cat terganggu,” ujar Saiful beberapa waktu lalu.

Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved