ADVERTORIAL

Vihara Tatagatha Buddha Resmikan Patung Dewi Kwan Im, 7 Biarawati Berdoa Bersama

VIHARA Tatagatha Buddha melaksa­nakan serangkaian kegiatan untuk meresmikan Patung Dewi Kwan Im

Vihara Tatagatha Buddha Resmikan Patung Dewi Kwan Im, 7 Biarawati Berdoa Bersama
Posbelitung.co/ist
BERDOA BERSAMA-Tujuh biarawati Buddha dari Jakarta, Bandung saat berdoa bersama umat di Belitung pada peresmian Patung Dewi Kwan Im di Vihara Tatagatha Buddha Jalan Perumnas, Kelurahan Paal Satu Tanjungpandan, Senin (24/9). 

POSBELITUNG.CO - VIHARA Tatagatha Buddha melaksa­nakan serangkaian kegiatan untuk meresmikan Patung Dewi Kwan Im pada Senin (24/9/2018).

Tujuh biarawati Buddha dari Jakarta dan Bandung datang untuk berdoa bersama umat di Belitung dari pagi hingga malam.

Ratusan umat Buddha pun turut berdoa di vihara yang berlokasi di Jalan Perumnas, Kelurahan Paal Satu, Tanjungpandan ini.

Sekretaris Yayasan Vihara Tatagatha Buddha, Aryindra mengatakan, patung setinggi 2,6 meter ini membutuhkan delapan bulan dari proses pembuatannya di Bandung hingga dikirim ke Belitung.

Patung yang berada di depan vihara pun dimaksudkan agar menyambut umat yang datang berdoa.

Di antara serangkaian acara, puncaknya yakni memanjatkan doa. Dikatakan Aryindra, doa ini dulunya bermula saat zaman Buddha, dimana ada biksu kepercayaan bernama Moggallana.

“Di dalam sejarah sang Buddha di kitab Tripitaka, beliau (Moggallana) melalui indera keenam bisa melihat di alam neraka dan melihat roh ibunya tidak bisa memakan apapun. Karena keluar api dan menghancurkan persembahan yang diberikan termasuk persembahan untuk penghuni lain,” jelasnya.

Dengan indera keenam­nya, Moggallana meminta nasihat Buddha Sidharta Gautama.

Lalu Sang Buddha memberikan masukan bahwa untuk menyelamatkan penyeberangan dari alam yang buruk ke alam yang lebih baik harus dikumpulkan lima orang biksu yang melakukan upacara doa. “Malam ini kami melakukan doa tersebut,” imbuhnya.

Di dalam pelaksanaan doa juga ada tarian bunga lotus. Juga pada kesempatan yang sama bertepatan dengan bulan purnama sehingga dirayakan festival kue bulan. Tak hanya itu, pertunjukan barongsai pun juga digelar.

Halaman
12
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved