1 Oktober Harga Sawit Bakal Naik Rp 1.028.

Harga Tandan Buah Segar (TBS) diperkirakan akan naik pada 1 Oktober mendatang.

1 Oktober Harga Sawit Bakal Naik Rp 1.028.
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Rapat antara Asoiasi Petani Sawit Indonesia (Apkasindo) Babel dengan perusahaan Kelapa Sawit dan pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di ruang rapat Romodong, Jum'at (28/9/2018). 

POSBELITUNG.CO-- Harga Tandan Buah Segar (TBS) diperkirakan akan naik pada 1 Oktober mendatang. Pasalnya, harga TBS ditingkat pabrik sudah disepakati sebesar Rp 1.028.

Hal ini berdasarkan hasil rapat antara Asoiasi Petani Sawit Indonesia (Apkasindo) Babel dengan perusahaan Kelapa Sawit dan pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di ruang rapat Romodong, Jum'at (28/9/2018).

"Diputuskan harga TBS yang berlaku di tingkat pabrik berdasarkan kesepakatan petani dengan perusahaan kelapa sawit, Rp 1.028 berlaku efektif tanggal 1 Oktober, untuk satu minggu. Untuk satu minggu kemudian akan dihitung berdasarkan harga CPO di dunia, untuk menetapkan harga satu minggu berikutnya," kata ketua Apkasindo Babel, Alfian usai rapat.

Alfian mengatakan jika harga ditingkat pabrik sudan disepakati, maka harga sawit di tingkat petani diperkirakan akan naik pula.

"Di tingkat petani pedagang pengumpul di desa akan menyesuaikan harga, mudah-mudahan akan ada kenaikan dari sebelumnya Rp 400-500 dengan harga Rp 1.028 di tingkat pabrik, kemungkinan di tingkat petani bisa manjadi Rp 700-900," tambahnya.

Ketua tim satgas kelapa sawit Babel, Yulizar Adnan menyebutkan penetapan harga ini melalui berbagai tahapan dan pembahasan yang alot, namun akhirnya disepakati harga tersebut.

"Alhamdulillah kita sudah menyepakati harga TBS Rpp 1.028 rupiah ditingkat perusahaan, dan keinginan kita bahwa harga tandan buah segar di tingkat petani bisa Rp 900 rupiah, namun banyak kendala. Rekomendasi DPRD menginginkan ditingkat petani harga itu, namun karena banyak harus diselesaikan," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved