Ingin Terhindar dari Penipuan saat Berbelanja Online?, Yuk Simak Tips Penting Ini

Fitur Ini memiliki teknologi yang berfungsi memberi lapisan keamanan identitas waktu transaksi online berlangsung.

Ingin Terhindar dari Penipuan saat Berbelanja Online?, Yuk Simak Tips Penting Ini
Dok. Visa
Ilustrasi berbelanja online. 

POSBELITUNG.CO– Lebih dari 14.000 laporan yang masuk ke portal database cekrekening.id merupakan laporan mengenai rekening bank yang mencurigakan dan diduga telah melakukan penipuan (scam).

Hal ini menandakan bahwa seiring perkembangan teknologi, semakin banyak pula modus penipuan di ranah transaksi online (cybercrime). Harga maupun barang palsu dan pencurian identitas merupakan contoh bentuk penipuan yang terjadi di dunia siber.

Saat ini, sudah banyak konsumen yang mulai berbelanja secara online dan melakukan permbayaran digital karena mudah dan dapat dilakukan melalui telepon genggam ataupun laptop. Oleh karenanya, konsumen harus lebih cerdas dan berhati-hati saat berbelanja secara online agar terhindar dari penipuan.

Salah satu tips dari staysafeonline.org, misalnya, sebelum berbelanja di sebuah website, pembeli harus melakukan riset mendalam dulu. Perhatikan review yang ada dan cari tahu apakah ada konsumen lain yang punya pengalaman positif ataupun negatif saat berbelanja di website tersebut.

Supaya Anda tak khawatir, simak beberapa tips lainnya agar tak jadi korban saat belanja online.

Cek perbandingan harga dan situs

Manfaatkan teknologi yang dapat membantu Anda membandingkan harga sebuah produk ataupun layanan.

Bandingkan harga dari berbagai situs sebelum membeli barang agar Anda mendapatkan harga yang terbaik. Anda juga bisa memilih situs, toko, penjual atau merchant yang memiliki reputasi atau review bagus.

Pahami hak Anda sebagai konsumen

Sebelum bertransaksi, pastikan kalau Anda sebagai konsumen berhak meminta merchant untuk memperbaiki, mengganti, membatalkan, atau mengompensasi barang yang sudah Anda dibeli.

Pastikan bahwa merchant memiliki prosedur yang jelas apabila barang Anda terima bermasalah (misalnya rusak ataupun terjadi kesalahan lain), lalu pastikan pula segala sistem melindungi privasi data diri dan keuangan Anda. Selanjutnya, bacalah syarat dan ketentuan untuk memastikan tidak ada biaya-biaya yang tersembunyi sebelum membeli.

Halaman
123
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved