Video

Pilkades Serentak, Bupati Belitung Datangi TPS 5 Desa Air Raya

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Rabu (10/10/2018) mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 Desa Air Raya

Pilkades Serentak, Bupati Belitung Datangi TPS 5 Desa Air Raya
Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Rabu (10/10/2018) bersama istrinya menentukan hak pilih di TPS 5 Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Rabu (10/10/2018) mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan. Kedatangan orang nomor satu di Negeri Laskar Pelangi ini bersama istrinya Asmara Sahani Saleh. Ia datang ke TPS tersebut, menggunakan baju kemeja putih.

Sedangkan Asmara Sahani Saleh, berbaju putih motif biru putih dan menggunakan jilbab biru muda. Selain melakukan pengecekan terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Sanem di TPS tersebut sekaligus menentukan hak pilihnya sebagai warga Desa Air Raya.

"Saya melihat Pilkades ini, karena ini kepentingan daerah sebetulnya harus lebih menggema lagi. Tapi itu tergantung dari Kades nya sendiri, karena selama ini banyak keluhan persoalan pak Kades ini. Terutama persoalan lahan, dan berujung permasalahan," kata Sanem kepada Posbelitung.co..

Pelaksanaan Pilkades tersebut, kata dia, paling tidak bukan hanya dirasakan oleh masyarakat di Desa setempat. Namun harus lebih menggema, agar kemeriahan Pilkades ini lebih dirasakan oleh masyarakat dan sebagai pembelajaran demokrasi.

"Saya berharap semua lancar sampai nanti ditetapkan dan pelantikan Kades terpilih. Saya berharap juga Kades terpilih nanti bisa betul-betul mengadopsi kepentingan masyarakat dalam perihal pembangunan," ujarnya.

Namun, kata Sanem, kades terpilih nanti harus bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Pusat. Terutama dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

"Jujur saja, sekarang ini banyak kepala Desa ini, apakah tidak paham atau bagaimana, mereka tidak ingin bersinergi dengan pembangunan yang sedang dilakukan, sehingga ada beberapa perihal yang selama ini harus di evaluasi," ucapnya.

Salah satu pembangunan daerah yang harus bersinergi, pengembangan pariwisata. Sehingga diharapkan bagi kades terpilih nanti, harus betul-betul bersinergi. Terutama dalam terlibat langsung melakukan pembangunan bersama dengan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

Sanem mencontohkan, keterlibatan Desa dalam bersinergi melakukan pembangunan yaitu dengan menjaga ketertiban dan kebersihan sampah di Desa tersebut. Ia menilai, sejauh ini kesadaran perihal tersebut terbilang masih minim.

"Karena banyak Kades yang kini kurang paham tentang Belitung ini, bahwa daerah kita sudah dijadikan destinasi wisata, tapi mereka merasakan itu adalah program Bupati. Nah Effect nya seperti ini, dan kami harap kedepan harus lebih paham apa tupoksi nya Kades nanti," pungkasnya. (*)

Saksikan videonya:

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help